Share

Kadangkala suami menyimpan rahasia dari istri. Baik itu urusan keuangan, masalah rumah tangga, perselingkuhan, atau berbohong demi kebaikan rumah tangga. Memang tidak selamanya berbohong itu ditujukan untuk sesuatu yang tercela. Namun, jika yang dipertanyaan adalah hal yang sensitif — seperti kehadiran pihak ketiga — kebohongan menjadi tidak bisa ditoleransi.

Tanda-tanda suami sedang berbohong bisa dilihat dari tanda-tanda fisik yang keluar dari raut muka atau pun gerak-geriknya. Biasanya tanda itu menjadi ciri khas yang keluar kala mengutarakan kebohongan. Dikutip dari SuaraMerdeka.com, ada lima tanda yang bisa dijadikan indikasi, yaitu:

  • Garuk hidung dan telinga

Saat seseorang berbohongan ada perubahan pada tubuhnya. Misalnya, detak jantung mendadak kencang seperti halnya orang yang lagi gugup. Saat itu, aliran darah di hidung, telinga, dan kening mengalir lebih cepat. Efeknya, ada sensasi gatal di area tersebut. Dia pun seperti orang yang salah tingkah.

  • Bibir merapat

Saat suami menyimpan suatu hal yang disembunyikan, maka bibirnya akan tertutup rapat. Inilah bahasa tubuh seseorang yang merahasiakan sesuatu.

  • Gelisah berlebihan

Galisah berlebihan bisa ditunjukkan dengan mengaruk pakaian, mengedipkan mata lebih cepat, menyembunyikan telapak tangan, atau bahasa tubuh aneh lainnya. Kegelisahan ini menunjukkan ekspresi kebohongan.

  • Senyum berlebihan

Barangkali Anda menemui ada senyuman khas saat suami bohong. Di samping itu, senyuman yang tidak normal dan cenderung berlebihan menunjukkan ada sesuatu yang sedang ditutupi.

  • Percayai naluri

Percaya atau tidak, kadang naluri memberikan keyakinan kepada seseorang tentang sesuatu. Intuisi sering tidak “bersepakat” dengan unsur ilmiah. Namun, intuisi sering juga memberikan kebenaran persepsi.