Scroll to Top

Microsoft: Windows Phone Capai 145.000 Aplikasi

By Ditya / Published on Sunday, 12 May 2013

Windows Phone 8

Bersama peluncuran smartphone Nokia Lumia 928, Microsoft mengumumkan bahwa jumalh aplikasi untuk smartphone Windows Phone telah mencapai angka 145.000 aplikasi. Meski terjadi peningkatan jumlah aplikasi di Windows Phone, tapi jumlah tersebut masih kalah dengan jumlah aplikasi Android dan iPhone yang telah mencapai 750.000 aplikasi.

Salah satu kelemahan smartphone Windows Phone adalah jumalh aplikasinya yang masih kalah dengan kedua sistem operasi pesaingnya. Meski demikian, angka 145.000 aplikasi ini bukanlah angka yang kecil, tapi jumlah aplikasi yang banyak tentu akan lebih menarik dari sisi marketing.

Saat ini memang banyak pengembang aplikasi yang enggan mengembangkan aplikasi besutannya untuk Windows Phone dan memilih untuk mengembangkan aplikasi untuk iPhone dan Android saja. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa aplikasi Windows Phone tak sebanyak kedua pesaingnya.

Raksasa perangkat lunak yang berbasis di Redmond ini telah menempuh pelbagai cara untuk meningkatkan jumlah aplikasi di Windows Phone secara signifikan. Pembesut sistem operasi Windows ini juga telah mengukuti jejak BlackBerry untuk memberikan insentif bagi pengembang aplikasi yang bersedia membuat aplikasi untuk Windows Phone.

Aplikasi di platform Apple iOS memang sebagian besar memiliki kualitas yang cukup baik dan sebagian besar memang aplikasi berbayar. Sedangkan untuk Android, meski jumlah aplikasinya cukup banyak, tapi jumlah aplikasi yang berkualitas rendah atau sering disebut dengan aplikasi sampah juga cukup banya, bahkan Google beberapa kali kecolongan dengan masuknya malware ke Play Store.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (11/05/2013), rata-rata pengguna smartphone sebenarnya hanya menginstal sekitar 20 hingga 30 aplikasi saja di smartphone-nya. Lalu apa sebenarnya jumlah aplikasi yang tersedia ini sangat berpengaruh dengan penjualan smartphone? Silahkan berkomentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda