Scroll to Top

Agar Seks Pasca-Melahirkan Terasa Nyaman

By Ilham Choirul / Published on Friday, 09 Sep 2011

Wanita yang habis melahirkan perlu waktu untuk bisa kembali melakukan hubungan seksual secara normal. Alat kelamin wanita memerlukan masa penyembuhan dan peralihan ke bentuk normalnya kurang lebih 3-6 bulan. Setelah melewati masa ini biasanya alat kelamin siap melakukan “kerja” seksualnya lagi.

Tidak sedikit pula wanita yang merasa trauma sekali pun sudah siap untuk seks. Beberapa ketakutan menghinggapi pikiran. Misalnya takut hamil, takut sakit, kurang puas, dan sebagainya. Sehingga, pascamelahirkan, wanita perlu mendapat dorongan positif agar mampu mengembalikan keintiman dengan suaminya.

Laura Berman, Ph.D, direktur Female Sexual Medicine Center di Universitas California, mengatakan, agar hubungan seks pascamelahirkan tersebut terasa nyaman, beberapa tips berikut ini bisa dilakukan.

  • Menghindari rangsangan payudara

Jumlah ASI yang keluar dari payudara cukup banyak setelah melahirkan. seringkali hal ini membuat risih suami saat melakukan seks. Apalagi, saat merangsang payudara, keluarnya ASI menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

Solusinya, hindari rangsangan di payudara. Masih banyak titik lain yang bisa membangkitkan gairah. Misalnya, telinga, leher, bibir, paha, atau klitoris.

  • Mengembalikan sensitivitas

Vagina mengalami pelebaran otot secara maksimal setelah melahirkan. Sensitivitasnya pun sedikit berkurang. Untuk membantu mengembalikannya, para istri bisa melakukan senam pascapersalinan. Fungsi senam ini untuk melatih otot dasar panggul ke posisi awal.

  • Menghindari bekas operasi

Pada kasus kelahiran cesar, bekas sayatan di perut barangkali akan mengganggu mood suami. Atau, bisa juga, bekas tersebut masih terasa agak sakit kalau tersentuh. Jalan keluarnya, atur posisi seks menghindari bekas luka dan tidak bersentuhan langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda