Scroll to Top

Mandi Setiap Hari Malah Tak Sehat?

By C Novita / Published on Monday, 13 May 2013

mandi setiap hari berbahaya

Seusai melakukan aktifitas yang melelahkan di luar rumah sepanjang hari, mandi adalah penutup yang menyegarkan. Keringat dan debu serta kotoran lain hilang dan tubuh kembali bersih, bukan? Itu yang hampir semua warga daerah tropis lakukan. Mandi setiap hari menyenangkan dan menyehatkan.

Namun ada yang agak aneh dengan saran seorang dokter Israel bernama Rachel Lutsati. Dikutip dari situs Geniusbeauty, dokter Rachel malah menyarankan untuk mengurangi aktifitas mandi dan mengatakan bahwa mandi setiap hari tak sehat.

Ia menyarankan agar mandi sebaiknya hanya dilakukan seminggu 2 kali saja, agar kesehatan kulit tetap terjaga. Sebabnya adalah pemakaian sabun, baik sabun cair atau sabun padat yang dilakukan 2 kali sehari dapat menyebabkan kulit berubah kering.

Pelembab alami kulit atau minyak alami kulit akan hilang bila setiap hari dibasuh dengan sabun dan air. Akibatnya kulit jadi mudah diserang jamur dan mikroorganisme.

Hal yang sama juga berlaku untuk mencuci rambut. Sebaiknya lakukan 2 kali seminggu saja, untuk mempertahankan minyak alami yang melindungi rambut dari kekeringan. Shampo dan kondisioner yang digunakan setiap hari bukannya bermanfaat, malah akan membuat rambut Anda rusak.

Nah, bagaimana menurut Anda? Akankah merubah frekwensi mandi menjadi 2 kali seminggu seperti anjuran dokter Rachel?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda