Scroll to Top

Samsung Kembangkan Teknologi 5G, Bisa Ngebut Hingga 10Gbps

By Ditya / Published on Monday, 13 May 2013

5G

Belum lama 4G LTE (Long Term Evolution) diterapkan di beberapa negara, Samsung dikabarkan telah mengembangkan teknologi generasi kelima atau 5G yang diperkirakan dapat meluncur pada tahun 2020 mendatang. Kabarnya, teknologi 5G ini mampu menghadirkan kecepatan downlink hingga 10Gbps.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini takhanya mengembangkan produk elektronik dan ponsel, tapi juga turut mengembangkan teknologi wireless. Samsung dikabarkan tengah mengembangkan teknologi generasi kelima atau 5 G yang nantinya akan menjadi generasi penerus 4G LTE.

Jika teknologi 4G LTE secara teori hanya mampu menghadirkan kecepatan downlink hingga 300Mbps, maka teknologi 5G ini secara teori mampu menghadirkan kecepatan downlink hingga 10Gbps! Sedangkan kecepatan upload atau uplink, teknologi 4G LTE dan 5G yang dikembangkan Samsung ini menghasilkan kecepatan yang setara, yakni 75Mbps.

Tentu saja kecepatan yang disebutkan di atas adalah kecepatan secara teori dan pada prakteknya, kecepatan yang dihasilkan selalu lebih rendah. Saat ini operator di Amerika Serikat yang melakukan uji coba LTE tidak menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dari 20Mbps. Hal ini mungkin krena jaringan 4G LTE belum optimal.

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, sampai saat ini memang belum ada definisi konkret mengenai standar teknologi generasi kelima atau 5G yang dikembangkan oleh Samsung ini. Layanan 5G ini memang memungkinkan pengguna untuk menikmati kecepatan layanan data yang lebih cepat dari yang ditawarkan 4G LTE.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (11/05/2013), layanan 5G ini diperkirakan paling cepat dapat dinikmati konsumen pada tahun 2020. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Negara kita mungkin akan lebh lama lagi menik mati 5G, jangankan 4G LTE, layanan 3G saja sampai saat ini belum optimal dan merata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda