Scroll to Top

Kim Dotcom Hapus Tautan Desain Pistol 3D dari Mega

By Ditya / Published on Monday, 13 May 2013

Pistol Plastik

Kim Dotcom, pembesut situs file sharing Mega mengatakan bahwa ia akan menghapus tautan download untuk blueprint rancangan pistol atau senjata yang dicetak menggunakan printer 3D dari Mega. Sebelumnya memang sempat beredar sebuah pistol hasil cetakan printer 3D.

Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah pistol plastik yang merupakan hasil cetakan printer 3D. Pistol hasil rancangan seorang mahasisawa Universitas Texas, Amerika Serikat bernama Cody Wilson. Sang pembuat desain pistol tersebut ternyata juga menyebarkan blueprint desain pistol plastik tersebut di internet.

Pemerintah Amerika Serikat  sedang menyelidiki apakah desain pistol tersebut dibuat oleh perusahaan senjata di Amerika, melanggar undang-undang kontrol senjata yang berkaitan dengan senjata pengiriman ke luar negeri dengan membuat rencana tersedia untuk umum secara online.

Pemerintah Amerika Serikat menanggapi kehadiran pistol tersebut dengan cukup serius, karena pistol sungguhan yang terbuat dari plastik tersebut dapat lolos dari bandara. Tak hanya pemerintah Amerika Serikat, Kim Dotcom yang merupakan pendiri Mega juga mengatakan bahwa desain pistol tersebu menakutkan.

“Saya pikir itu merupakan ancaman serius bagi keamanan masyarakat. Saya pikir itu menakutkan bahwa orang dapat mencetak senjata 3D yang bahkan tidak dapat terdeteksi oleh detektor logam. Ini harus menjadi perhatian semua orang,” kata Kim Dotcom kepada Radio Selandia Baru.

Kim Dotcom kemudian mengambil tindakan dengan menghapus tautan yang berisi blueprint desain pistol plastik tersebut dari Mega. Meski demikian, file-file tersebut masih tetap aman dan dapat di akses oleh pemiliknya.

Seperti yang dilansir dari ZDnet (12/05/2013), sampai saat ini blueprint desain pistol yang dicetak di printer 3D tersebut telah banyak diunduh orang, karena tak hanya tersedia di pelbagai situs file sharing, tapi juga di situs The Pirate Bay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda