Scroll to Top

Timnas Indonesia Era Jacksen F. Tiago Akan Persipurasentris?

By Aditya / Published on Monday, 13 May 2013

boaz solossa timnas indonesia arab saudi

Timnas Indonesia setelah era Nil Maizar dan Luis Manuel Blanco sangat kental dengan nuansa Persipura Jayapura. Ditunjuknya Jacksen F. Tiago yang notabene arsitek tim Mutiara Hitam sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia, juga Rusdi Maswi yang merupakan manajer Persipura untuk menjabat sebagai manajer Timnas Indonesia, apakah akan membuat Timnas Indonesia saat ini akan menjadi Persipurasentris?

Meskipun masih terjadi tarik-ulur antara Badan Tim Nasional (BTN) dan pihak manajemen Persipura mengenai status rangkap yang dijabat oleh Jacksen F. Tiago dan Rusdi Maswi di tim Mutiara Hitam sekaligus di Timnas Indonesia, namun BTN dan PSSI telah resmi menunjuk kedua sosok itu untuk berkiprah di tim Merah-Putih.

Tak pelak, nuansa Persipura pun kian menyeruak di tubuh Timnas Indonesia. Apakah nantinya skuat Garuda akan banyak diperkuat oleh para pemain asal Papua yang memang telah terkenal sebagai penghasil talenta sepakbola di Indonesia? Apakah di bawah asuhan Jacksen F. Tiago Timnas Indonesia akan menyerupai tim nasional Spanyol yang didominasi oleh para pemain dari Barcelona dan Real Madrid?

Patrich Wanggai & Okto Maniani
Patrich Wanggai & Okto Maniani

Bisa jadi demikian. Pasalnya, di Persipura sendiri banyak terdapat pemain yang sangat layak mengisi skuat Timnas Indonesia. Boaz Solossa, Patrich Wanggai, Ricardo Salampessy, Imanuel Wanggai, Ian Louis Kabes, Ortizan Solossa, Ruben Sanadi, Gerald Pangkali, Yohanes Ferinando Pahabol, Lukas Mandowen, juga David Laly, adalah nama-nama yang keluar-masuk skuat timnas, baik di level senior maupun junior.

Belum lagi potensi sejumlah pemain Persipura yang bukan tidak mungkin juga akan dipanggil ke Timnas Indonesia, seperti Yustinus Pae, Victor Numberi, Philipus Basikbasik, Yohanis Tjoe, Fandry Imbiri, Nelson Alom, Ricky Kayame, atau Yulianus Watora.

Titus Bonai Timnas
Titus Bonai

Bukan hanya Persipura, klub-klub asal Papua lainnya, seperti Persiwa Wamena, Persidafon Dafonsoro, atau Persiram Raja Ampat, pun memiliki para pemain yang dirasa cukup pantas menyandang Garuda di dadanya.

Di ketiga klub tersebut tersimpan para talenta Papua, sebut saja Isak Konon, Ricardo Merani, Ferdinando Mote, atau Yesaya Desnam dari Persiwa, kemudian Korintus FingkreuwIzaac Wanggai, dan Izak Ogoai dari Persidafon, juga Stevie Bonsapia, Jendri Pitoy, Elthon Maran, David Uron, serta Steven Hendambo dari Persiram.

Tak cuma itu. Anak-anak Papua yang tersebar di berbagai klub di Indonesia juga punya kemungkinan turut memperkuat Timnas Indonesia, semisal Okto Maniani (Barito Putera), Titus Bonai, Yosua Pahabol, dan Vendry Mofu (Semen Padang).

Vendry Mofu Timnas Indonesia
Vendry Mofu

Kemudian ada Valentino Telaubun (Perseman Manokwari), Cornelius Geddy (Persija IPL), Mario Aibekob (PSBS Biak), serta para talenta muda dari tim PON Papua semisal Eldjo Iba, Yorgen Wayega, Amandus Weubun, Ayub Kambuaya, Yonas Magai, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda