Scroll to Top

Google Gabungkan Ruang Penyimpanan Gmail, Google+ & Google Drive

By Ditya / Published on Tuesday, 14 May 2013

Unified Storage

Raksasa internet Google akhirnya memutuskan untuk menggabungkan storage atau ruang penyimpanan dari layanan Google Drive, Google+, dan layanan email Gmail menjadi ruang penyimpanan tunggal berukuran 15GB. Sebelumnya, pengguna tiga layanan ini memang menggunakan ruang penyimpanan terpisah.

Keputusan Google dengan menggabungkan ruang penyimpanan bagi tiga layanan besutannya ini adalah salah satu upaya raksasa mesin pencari ini untuk mempermudah akses pengguna dengan data miliknya serta memperkuat integrasi antar layanan yang dimiliki Google.

Sebelumnya layanan email gratis populer besutan Google, yakni Gmail, telah memberikan ruang penyimpanan sebesar 10GB dan layanan jejaring sosial Google+ juga telah memberikan ruang penyimpanan bagi pengguna sebesar 10GB. Sedangkan layanan cloud storage Google Drive telah memberikan ruang penyimpanan sebesar 5GB.

Ruang penyimpanan terpisah antara layanan yang diberikan Google ini memang menyulitkan pengguna ketika menggunakan beberapa layanan Google sekaligus, maka dari itu raksasa mesin pencari ini memutuskan menggabungkan ruang penyimpanan tiga layanan tersebut menjadi satu tempat penyimpanan berukuran 15GB.

Ruang penyimpanan 15GB itu disediakan secara gratis oleh Google. Bagi pengguna yang merasa kurang dengan kapasitas 15GB, dapat memilih untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 100GB dengan biaya langganan sebesar US $4,99 per bulan atau 200GB dengan biaya langganan $9,99 per bulan.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (14/03/2013), penggabungan ruang penyimpanan ketiga layanan Google ini akan menjadi kelebihan tersendiri yang ditawarkan oleh Google untuk kemudahan penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda