Scroll to Top

Densus 88 Menggerebek 24 Teroris, Tewaskan 7 Di antaranya

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 14 May 2013

Densus 88 Menggerebek 24 Teroris, Tewaskan 7 Di antaranya

Densus 88 kembali ramai menjadi bahan perbincangan. Mereka baru saja melakukan operasi sejak Selasa, 7 Mei 2013 hingga Jumat, 10 Mei lalu. Dalam kurun waktu tergolong singkat tersebut, Detasemen Khusus 88 berhasil menggerebek 24 terduga teroris. Tujuh di antaranya tewas ditembak. Nama dan ciri-ciri para teroris tersebut diumumkan pada Senin, 13 Mei 2013 lalu.

“Densus 88 menewaskan tujuh orang teroris. Di Cigodewa Hilir Bandung atas nama Budi, Junet, dan Surame.  Di Kebumen Densus 88 kembali menembak mati Bastari, Toni dan Bayu Ucup.  Sementara seorang teroris Abu Roban alias Untung ditembak mati di Batang, Jawa Tengah,” demikian yang disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes  Polri, Brigjen (Pol) Boy Rafli Amar.

Para terduga teroris ini disinyalir terlibat dalam pengumpulan dana demi aksi teror. Mereka telah merampo beberapa BRI, seperti di Batang, Grobogan, Lampung, dan Bandung. Juga toko emas di Tambora, Jakarta Barat. Khusus dari hasil perampokan di beberapa BRI, kelompok ini mereguk uang sebesar 1,8 miliar rupiah.

Uang sejumlah ini konon dipakai untuk membeli bahan peledak, pelatihan teror, serta dana operasional kegiatan teror. Juga disinyalir, sebagian uang digerakkan untuk membiayai aksi teror di Poso.

Sepanjang perjalanan Densus 88 ini, sudah ada sekitar 67 teroris yang tewas dalam penyergapan, Sementara, 813 teroris tertangkap oleh detasemen khusus ini.

Berikut nama-nama teroris yang tewas dalam penyergapan selama minggu lalu, seperti dilansir oleh Kompas.
1. Abu Roban alias Untung alias Bambang Nangka (Tewas di Batang, Kendal, Jawa Tengah)
2. Budi alias Angga alias Arab  (Tewas di Bandung)
3. Sarame (Tewas di Bandung)
4. Ence alis Said (Tewas di Bandung)
5. Toni  (Tewas di Kebumen)
6. Basari alias Pakde alias Sule (Tewas di Kebumen)
7. Ucup alias Bayu (Tewas di Kebumen)

Foto: Kompas/Dian Maharani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda