Scroll to Top

Tips Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 14 May 2013

bekas luka

Bekas luka kadang sulit untuk dihilangkan. Untuk jenis luka yang agak dalam, kerapkali lebih sulit untuk sekadar memudarkan warna bekas luka. Jangan berkecil hati. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda pakai sebagai penghilang atau pemudar bekas luka:

  1. Mentimun. Buah ini mengandung vitamin C, potasium, dan air yang cukup tinggi. Selain itu, mentimun kaya dengan silika yang berfungsi untuk meningkatkan kadar kolagen. Kolagen sangat berpengaruh dalam peremajaan kulit, termasuk untuk mengurangi bekas luka. Caranya, haluskan mentimun dan tempelkan secukupnya pada bekas luka. Lakukan cara ini sampai sampai mendapatkan pengurangan bekas luka yang diinginkan.
  2. Madu. Madu dapat merangsang regenerasi sel, mengurangi nyeri, mendinginkan kulit, hingga mengurangi bekas luka. Oleskan madu pada bekas luka dan tunggu antara 20-30 menit. Setelah itu bilas pakai air hangat. Sebaiknya lakukan cara ini setiap hari untuk hasil maksimal.
  3. Teh hijau. Antioksidan teh ini cukup tinggi. Zat antioksidan Epigallocatechin Gallate (EGCG) dipercaya sebagai salah satu media yan mampu mengurangi bekas luka. Pemakaiannya yaitu siapkan kapas dan basahkan dengan air teh hijau. Usapkan air tersebut ke bekas luka dan lakukan secara rutin tiap hari.
  4. Daun mint. Untuk mengurangi bekas luka, ambil daun mint secukupnya. Tumbuk daun tersebut dan jadikan scrub untuk kulit yang memiliki bekas luka.
  5. Lidah buaya. Zat yang berguna untuk regenerasi sel ada tanaman lidah buaya adalah lignin dan asam amino. Penggunaannya, oleskan lendir lidah buaya di tempat bekas luka. Hindari terkena getahnya  agar kulit tidak menjadi gatal.
  6. Mengkudu. Mengkudu memiliki senyawa yang baik untuk menghilangkan luka bakar. Caranya, buatlah jus mengkudu secukupnya. Lalu, basahkan handuk kecil dengan jus tersebut dan kompreskan di bekas luka. Lakukan cara ini dua sampai tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda