Scroll to Top

LINE di iOS Larang Pengguna Saling Berkirim Stiker

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 15 May 2013

LINE

Salah satu keunggulan LINE adalah soal fitur stiker. Bilamana penggunaannya dilarang? Ini terjadi di LINE untuk iOS. Apple meminta LINE menghentikan fitur pengiriman hadiah (gift sticker) dalam bentuk stiker.

Ini berarti pengguna LINE tidak memungkinkan untuk membeli stiker berbayar yang kemudian dikirimkan ke pengguna lain. Namun pengguna iOS tetap bisa menerima stiker (hadiah) dari pengguna non iOS.

Entah apa maksud pelarangan ini. LINE tidak menyebut detial dibalik kebijakan Apple tersebut. LINE hanya menjelaskan jika telah menerima permintaan terkait pelarangan pengiriman stiker.

“Kami menerima permintaan dari Apple sebagai induk App Store, fungsi hadiah stiker harus ditarik dari aplikasi ini,” tulis LINE di blog resmi mereka.

Dengan demikian maka pengguna iPhone, iPod, dan iPad tak bisa berkirim hadiah stiker ini. Padahal fitur stiker adalah senjata utama yang jadi pembeda dari aplikasi pesan instan sejenis.

Miliki fungsi serupa dengan emoticon, stiker berukuran jumbo dengan gambar lucu serta lebih ekspresif. Sebuah perasaan ekspresi diri yang belum bisa lengkap terwakili hanya dengan emoticon maupun sebatas teks.

LINE sendiri tak hanya sekadar menghadirkan stiker dalam berupa gambar-gambar lucu atau menarik. Mereka gunakan pesohor seperti PSY untuk dijadikan salah satu karakternya. Ini serupa dengan apa yang dilakukan Kakao Talk tatkala menggandeng artis lokal dan Korea.

LINE miliki default stiker yang bisa ditambah dengan stiker baru berbayar. Jika pelarangan ini benar jadi kenyataan, bisa berdampak ke pendapatan LINE. Kuartal pertama 2013, dari USD 58 juta pendapatan LINE USD 17 juta diantaranya dihasilkan dari sektor stiker berbayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda