Scroll to Top

Timnas Indonesia Beruntung Punya Papua!

By Aditya / Published on Wednesday, 15 May 2013

Patrich Wanggai & Okto Maniani

Timnas Indonesia beruntung mempunyai banyak pemain berbakat dari Papua. Selama ini, Papua memang ibarat Brasil-nya Indonesia yang senantiasa menghasilkan pemain bintang bagi Timnas Indonesia. Para talenta Papua pun banyak yang terpilih untuk memperkuat Timnas Indonesia sejak dulu, dari Timnas Indonesia senior hingga Timnas Indonesia pada jenjang usia di bawahnya.

Mettu Duaramuri, Rully Nerre, Ronny Wabia, Aples Tecuari, Rochy Putiray, Eduard Ivak Dalam, Erol FX Iba, Jack Komboy, Alexander Pulalo, Elie Aiboy, Jendri Pitoy, Ortizan Solossa, adalah beberapa dari deretan nama pesepakbola asal Papua atau pemain berdarah Papua yang pernah menjadi tulang punggung Timnas Indonesia. Hebatnya, hingga saat ini dan nanti, tanah Papua selalu menyumbangkan para talenta terbaiknya untuk memperkuat tim Garuda.

Saat ini, Persipura Jayapura menjadi salah satu yang paling banyak mengirim pemain ke Timnas Indonesia. Boaz Solossa, Patrich Wanggai, Ricardo Salampessy, Imanuel Wanggai, Ian Louis Kabes, Ruben Sanadi, Gerald Pangkali, Yohanes Ferinando Pahabol, Lukas Mandowen, juga David Laly, adalah nama-nama yang keluar-masuk skuat timnas, baik di level senior maupun junior.

Belum lagi potensi sejumlah pemain Persipura yang bukan tidak mungkin juga akan dipanggil ke Timnas Indonesia, seperti Yustinus Pae, Victor Numberi, Philipus Basikbasik, Yohanis Tjoe, Fandry Imbiri, Nelson Alom, Ricky Kayame, atau Yulianus Watora.

Tak hanya Persipura, klub-klub asal Papua lainnya, seperti Persiwa Wamena, Persidafon Dafonsoro, atau Persiram Raja Ampat, pun memiliki para pemain yang dirasa cukup pantas menyandang Garuda di dadanya.

Di ketiga klub tersebut tersimpan para talenta Papua, sebut saja Isak Konon, Ricardo Merani, Ferdinando Mote, atau Yesaya Desnam dari Persiwa, kemudian Korintus Fingkreuw, Izaac Wanggai, dan Izak Ogoai dari Persidafon, juga Stevie Bonsapia, Elthon Maran, David Uron, serta Steven Hendambo dari Persiram.

Anak-anak Papua yang tersebar di berbagai klub di Indonesia juga punya kemungkinan turut memperkuat Timnas Indonesia, semisal Okto Maniani (Barito Putera), Titus Bonai, Yosua Pahabol, dan Vendry Mofu (Semen Padang).

Kemudian ada Valentino Telaubun (Perseman Manokwari), Cornelius Geddy (Persija IPL), Mario Aibekob (PSBS Biak), serta para talenta muda dari tim PON Papua semisal Eldjo Iba, Yorgen Wayega, Amandus Weubun, Ayub Kambuaya, Yonas Magai, dan masih banyak lagi.

”Saya yakin, 5 atau 10 tahun ke depan Papua bisa menghasilkan pemain bola bertaraf internasional. Papua menjadi salah satu gudang pemain bola di Indonesia sehingga ke depan diharapkan nama Papua di persepakbolaan nasional maupun internasional semakin berkibar,” ujar Menteri Perhubungan Republik Indonesia, EE Mangindaan, pada suatu kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda