Scroll to Top

Chelsea Juara Liga Europa, Liga Inggris Cuma Kalah dari Liga Italia

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 16 May 2013

CHelsea 56

Chelsea berhasil menjuarai Liga Europa 2013 setelah menaklukkan Benfica 2-1 di partai final. Kemenangan berkat gol Branislav Ivanovic di menit terakhir ini membuat klub-klub Liga Inggris telah menjuarai ajang yang dahulu bernama Piala UEFA ini tujuh kali. Selain itu, Chelsea menjadi salah satu dari sedikit klub yang bisa memenangi  semua kejuaraan Eropa; dari Piala Champions, Piala UEFA (dan Europa League), hingga Piala Winners.

Cuma ada klub-klub asal Liga Italia yang peruntungannya lebih baik daripada klub Liga Inggris dalam urusan menjuarai ajang yang sering dilabeli kompetisi kasta kedua Eropa di bawah Liga Champion ini. Klub-klub Serie-A sudah sembilan kali menjuarai ajang ini. Mulai dari Juventus dan Internazionale yang sudah tiga kali meraih trofi. Diikuti oleh Parma (2 kali) dan Napoli (1).

Sementara itu, wakil Inggris pertama yang berhasil menang di kompetisi ini adalah Tottenham Hotspur pada 1971-72. Ketika itu The Lily Whites menaklukkan sesama wakil Inggris, Wolverhampton Wanderers. Namun, seiring perjalanan waktu, klub Liga Inggris yang terbanyak meraih trofi di Piala UEFA adalah Liverpool dengan 3 kali juara. Terakhir kali The Reds menjadi yang terbaik adalah ketika menumbangkan Alaves 5-4 pada tahun 2001.

Chelsea sendiri menjadi tim Inggris pertama yang menjadi pemenang Piala UEFA setelah berganti nama menjadi Europa League pada musim 2009-10. The Blues sendiri berhasil mematahkan dominasi dua negara bertetangga yang tak pernah serujuk, Portugal dan Spanyol dalam tiga tahun penyelenggaraan Liga Europa.

Kemenangan Chelsea di tahun 2013 ini juga membuat mereka sejajar dengan tiga klub super lain yang pernah mengecap manisnya gelar Liga Champions, Europa League (Piala UEFA) dan Piala Winners (sekarang dihapus). Mereka adalah Juventus, Ajax Amsterdam, dan Bayern Munchen.

Pemenang Piala UEFA/Liga Europa Berdasarkan Negara
Italia– 9 (6)
Inggris – 7 (5)
Spanyol – 7 (5)
Jerman – 6 (8)
Belanda – 4 (2)
Portugal – 2 (4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda