Share

Pendaftaran SBMPTN 2013

Pendaftaran SBMPTN 2013 telah dibuka. Proses registrasi berlangsung hingga 7 Juni mendatang. Untuk pelaksanaan ujian akan dilakukan 18-19 Juni 2013. Lantas bagamana mekanisme registrasi SBMPTN yang harus ditempuh siswa?

Seluruh proses yang ada harus ditempuh secara daring. Siswa membayar biaya pendaftaran ke loket bank (Mandiri) langsung ke teller, ATM, internet banking, dan SMS banking untuk memeroleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) serta PIN.

Langkah selanjutnya setelah KAP dan PIN didapat, siswa bisa masuk ke laman Sbmptn.or.id untuk lakukan pengisisan data. Data-data ini seperti pilihan program studi dan jurusan, data terkait personal, serta pelbagai informasi lainnya.

Apabila semua proses di atas telah ditempuh maka siswa bisa mencetak bukti pendaftaran. Bukti pendaftaran ini nantinya akan digunakan sebagai ‘kartu ujian’ saat tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN berlangsung.

SBMPTN memang berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN tidak dipungut biaya atau gratis sedangkan SBMPTN membayar sejumlah biaya berdasar pilihan jurusan yang dikehendaki.

Untuk jurusan IPA atau IPS misalnya, siswa harus mengeluarkan dana hingga Rp 175 ribu. Untuk jurusan IPC malah lebih mahal. Siswa harus siapkan biaya pendaftaran hingga Rp 200 ribu.

Bagi peserta Bidik Misi yang sudah mendaftar atau telah mendaftar dan gagal dalam SNMPTN bisa mengikuti SBMPTN tanpa biaya. Sedangkan yang lolos SMPTN dan ingin mencoba SBMPTN pendaftar dikenakan biaya sesuai seleksi penjurusan.