Share

Jadwal Final Liga Champion 2013 Dortmund vs Munchen

Jadwal Final Liga Champion 2013 yang mempertemukan Dortmund vs Munchen akan digelar pada Minggu, 26 Mei 2013 pukul 01.45 WIB. Bertempat di Wembley, Inggris, dua wakil Bundesliga sekaligus musuh bebuyutan, akan saling bunuh demi menjadi pemenang kompetisi tertinggi di Eropa. Sekaligus, merebut tiket untuk menantang Chelsea di Piala Super Eropa 2013.

Bicara kekuatan, Bayern Munchen jelas lebih unggul daripada Borussia Dortmund. Pelatih Juup Heynckes tidak akan kekurangan satu pemain pun jika ada yang cedera. Bahkan seorang Mario Gomez yang musim lalu menjadi top skor kedua Liga Jerman, musim ini harus mengakui dirinya kalah bersaing dengan Mario Mandzukic, rekrutan Bayern Munich di musim panas.

Jangan tanyakan lagi sektor gelandang. Di sini ada Javi Martinez yang merupakan pemain termahal Bundesliga. Bahkan pemain seperti Xherdan Shaqiri dan Luiz Gustavo juga harus rela menikmati rotasi.

Bayern sendiri tengah berada dalam momen kebangkitan. Setelah dua tahun harus mengakui kedahsyatan anak-anak Dortmund, kini mereka berhasil merebut gelar Bundesliga. Plus, masih mungkin merebut dua trofi lain: Liga Champion dan DFB Pokal. Adalah sebuah kebetulan unik, bahwa lawan yang dihadapi di partai puncak adalah musuh bebuyutan tersebut, Borussia Dortmund.

Setelah musim lalu gugur di babak penyisihan grup Liga Champions dan mengaku hanya mengincar uang hadiah di babak tersebut, pasukan Juergen Klopp musim ini berubah menjadi raksasa menakutkan. Lawan yang sangat ideal untuk Munich. Mereka menaklukkan Real Madrid, Manchester City, Ajax Amsterdam, Shakhtar Donetsk, hingga Malaga. Bahkan hal ini dilakukan setelah Shinji Kagawa menemukan kebahagiaan baru di Old Trafford.

Dukungan fans yang sangat fanatik, adalah salah satu kunci keberhasilan Borussia. Namun, kesuksesan tak mungkin terjadi tanpa ketangguhan skuad. Siapa yang menyangsikan kedahsyatan Robert Lewandowski sebagai penyerang utama tim? Siapa pula yang bisa meremehkan seorang Ilkay Gundogan yang menjadi pengatur napas Dortmund? Mats Hummels yang bertahun lalu berseragam Bayern, juga menjadi salah satu bek terbaik dunia saat ini.

Pertempuran Bayern Munchen vs Borussia Dortmund di Wembley tak terelakkan lagi. Dua tim terkuat di Liga Champions, memang layak masuk ke partai puncak. Tinggal, mampukah Dortmund menghapus kutukan tak pernah menang dari Munich sepanjang musim ini? Ataukah Bayern yang mengobati kekecewaan setelah dua kali kandas di final pada tahun 2010 dan 2012?