Scroll to Top

Persipura Akan Laporkan Aremania Ke Komdis PSSI!

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 16 May 2013

Kecewa dengan perlakukan Aremania, Persipura berencana melaporkan hal ini ke Komisi Disiplin PSSI. Alhasil Manajemen telah mengeluarkan surat gugatan yang ditujukan kepada Komdis PSSI tertanggal 12 Mei 2013, dengan no surat 048/Persipura/V/2013.

Persipura dalam gugatannya menyoroti lima poin yang dianggap menyudutkan Boaz Solossa Cs saat bertanding di Kanjuruan Malang.

Dari kelima hal itu yang paling membuat Persipura naik pitam adalah spanduk bertuliskan “we are elite supporters, not primitive supporter”, adanya bunga di lapangan dengan tulisan “Kanjuruhan Kuburan Persipura”, serta teriakan monyet-monyet oleh suporter Aremania.

Ketika dimintai konfirmasinya Sekretaris Umum Persipura Jayapura, Thamrin Sagala membenarkan hal tersebut.

“Lima poin yang disoroti itu menggambarkan semangat Aremania yang tidak sportif. Padahal sebelum pertandingan sudah ada perjanjian antara Arema dan Persipura untuk tidak saling mendiskriminasikan” sesal Thamrin Sagala, Rabu (15/5/13).

Ungkapan-ungkapan itu dikatakan Thamrin memenuhi unsur pasal 47 Peraturan Pertandingan PSSI (penghinaan) jo Pasal 55 mengenai pernyataan yang bersifat mendiskreditkan/melecehkan.

Selain itu Persipura juga memprotes sikap Panpel Arema yang tidak mengorganisir penonton yang melimpah dan tidak mencadangkan tempat duduk (seat) bagi supporter tamu yang menyebabkan tertundanya pertandingan selama 30 menit.

“Dengan pelanggaran tersebut kami menyampaikan protes keras dan meminta kepada regulator kompetisi disiplin, EXCO dan Ketua Umum PSSI agar menjatuhkan sanksi kepada Panpel dan Klub Arema sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 59 ayat (2) dan ayat (3) junto Pasal 65 ayat (4.2) Peraturan organisasi Nomor : 06/PO-PSSI/III/2009 tentang kode disiplin atau ketentuan yang berlaku” tegas Thamrin.

Dengan gugatan itu Thamrin berharap Komdis PSSI menjatuhkan sanksi denda kepada Arema minimal Rp200 juta atau juga sanksi pertandingan usiran minimal sebanyak dua kali pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda