Scroll to Top

Apakah Mesin Pencari Kesayangannya Anda Dibajak?

By Moch Ridwan / Published on Thursday, 08 Sep 2011

mesin pencari anda di hack?

Dijaman internet seperti ini siapa sih yang gak percaya dengan penggunaan mensin pencari (search engine) untuk mempermudah kehidupan? Tentu saja saat Anda ingin menemukan sesuatu maka larinya akan ke Google, Yahoo, atau Bing.

Kita tidak seharusnya percaya begitu saja. Kenapa demikian? Menurut laporan yang dikeluarkan oleh ‘Electronic Frontier Foundation (EFF)’ mengungkap bahwa bebrapa trafik yang mengalir ke mesin pencari termasuk Bing, Yahoo, ataupun Google ternyata malah dialihkan ke sebuah web proxy yang cukup misterius.

Ini artinya alih-alih Anda mendapatkan hasil pencarian yang diinginkan akan tetapi Anda akan diarahkan ke situs tertentu. Setlah melakukan penyelidikan yang melibatkan EFF dan ICSI sebuah organisasi nonprofit yang khusus meneliti internet networking ternyata pencarian Anda dibawa ke sebuah perusahaan yang bernama Paxfire.

Dengan kata lain, apa yang dilakukan oleh Paxfire adalah menyadap hasil pencarian Anda. Cara kerjanya adalah sebagai berikut, jika proxy server mereka menemukan kecocokan dengan database pengiklan mereka maka mereka akan mengirimkan hasil pencarian teratas adalah iklan dari program afiliasi mereka dibandingkan dengan Anda menerima hasil pencarian yang sesungguhnya.

Ini sungguh mengejutkan disebabkan dalam kebijakan privasi yang tertulis di web Paxfire dinyatakan, ‘Paxfire tidak mengumpulkan informasi pribadi. Akan tetapi hanya mengumpulkan informasi anonym yang terkait dngan alamat IP, hasil pencarian, atau alamat IP dimana pencarian dialihkan’. Hal inilah yang sangat mengejutkan dimana bisa diartikan jika mereka memiliki alamat IP kita maka mereka sudah setengah jalan sudah mengidentifikasi kita.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk menghindari hal ini? Tentunya Anda memiliki beberapa pilihan yang pertama adalah dengan menggunakan jasa DSN pihak ketiga seperti OpenDNS, atau Google Public DNS, cara lain adalah dengan memakai HTTPS Everywhere atau Force TLS.

Jika Anda seperti saya maka tentunya akan setuju jika kita tak mau diarahkan ketempat dimana kita tidak mau menginjakkan kaki kita bukan? Jadi periksalah saluran internet Anda, gunakan selalu DNS milik Anda sendiri, dan sebisa mungkin pakai alat untuk melindungi kegiatan di dunia maya Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda