Scroll to Top

Barcelona Terlalu Banyak Mendapatkan Gelar, Kata Xavi Hernandez

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 17 May 2013

Barcelona Terlalu Banyak Mendapatkan Gelar, Kata Xavi Hernandez

Barcelona belum habis. Yang terjadi adalah, Barca terlalu tinggi dalam menciptakan standard dengan memenangi sekian gelar, dan seakan yang dikerjakan klub Catalan saat ini tengah menurun, sebut Xavi Hernandez. Kapten lapangan Barcelona ini juga menegaskan, generasi Barca yang sekarang masih bisa memenangi lebih banyak gelar lagi.

“Saya tidak bisa membayangkan, telah memenangi begitu banyak gelar. Filosofi kami telah membuahkan hasil, dan saya harap yang demikian terus terjadi,” sebut Xavi.

Barcelona memulai era kejayaan mereka di Eropa setelah era The Dream Team, dengan cara luar biasa. Mereka memenangi enam trofi dari enam kejuaraan yang diikuti. Namun, seiring perjalanan waktu, Barca kesulitan mengulangi pencapaian itu. Musim ini saja, mereka cuma berhasil meraih gelar La Liga.

Menurut Xavi, “Kami terlalu tinggi dalam menentukan standard. Dan kini seakan kami tergelincir dari standard tersebut. Kami masih kompetitif, kami harus mengevaluasi yang telah terjadi. Tak mudah selalu juara setiap tahunnya.”

Xavi juga mencoba menganalisis keadaan timnya yang musim ini tidak berada dalam kondisi terbaik dalam beberapa partai penting.

“Kami tidak tampil baik di momen-momen krusial musim ini. Seperti di momen semifinal Copa del Rey, kami tidak tahu caranya menaklukkan Real Madrid,” jelasnya.

Barcelona kemungkinan akan mengubah tim. Entah itu perombakan menyeluruh atau tidak. Yang jelas bagi Xavi, Barca hanya membutuhkan beberapa perubahan.

“Seakan-akan Barcelona berada dalam situasi kritis sehingga harus mengubah seluruh tim. Yang dibutuhkan hanya beberapa pergantian,” cetusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda