Scroll to Top

PSSI Pasrahkan Laga Timnas Indonesia Vs Filipina ke BTN

By Aditya / Published on Friday, 17 May 2013

timnas indonesia filipina m. ridwan

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, mengatakan bahwa PSSI telah menerima surat dari federasi sepakbola Filipina yang mengajak Timnas Indonesia untuk melakukan laga ujicoba. Filipina ingin berujicoba dengan Timnas Indonesia pada tanggal 10 Juni 2013 di Jakarta. Mengenai tawaran ujicoba untuk Timnas Indonesia ini, Djohar Arifin Husin menyerahkan sepenuhnya kepada BTN untuk ditindaklanjuti.

Permintaan Filipina sebenarnya agak sulit dipenuhi. Pasalnya, waktu yang diminta sangat berdekatan dengan jadwal ujicoba Timnas Indonesia melawan tim nasional Belanda yang sudah ditetapkan akan berlangsung pada tanggal 7 Juni 2013 di Jakarta. Oleh karena itulah, PSSI meminta BTN untuk mencari jalan terbaik mengenai masalah ini.

“Waktunya terlalu dekat, akan diatur tanggal yang pas. Selanjutnya diserahkan kepada Badan Tim Nasional (BTN),” ujar Djohar Arifin Husin di Jakarta, Jumat (17/5/2013).

Namun, Djohar Arifin Husin tampaknya tidak ingin melewatkan laga ujicoba melawan tim nasional Filipina. Pasalnya, Timnas Indonesia membutuhkan banyak laga internasional untuk memperbaiki peringkat FIFA yang semakin terpuruk.

Apalagi PSSI ingin agar Timnas Indonesia melakukan banyak ujicoba internasional, paling tidak sekali dalam sebulan. Jika mampu menang melawan Filipina, tentunya akan menambah poin bagi Indonesia di peringkat FIFA.

“Kami menginginkan ujicoba satu bulan sekali. Hal itu untuk mengejar rangking di FIFA karena banyaknya laga ujicoba berpengaruh pada peringkat Indonesia,” kata Djohar Arifin Husin.

Timnas Indonesia memang masih belum mampu beranjak dari keterpurukan. Ranking FIFA terbaru (per 9 Mei 2013) menunjukkan bahwa Timnas Indonesia berada di urutan 170 dunia dan 35 untuk level Asia. Di tingkat Asia Tenggara saja, Indonesia hanya menempati peringkat 7 dari 10 negara yang tercatat di FIFA.

Itu artinya, Indonesia merupakan salah satu tim ASEAN yang berada di zona terbawah. Timnas Indonesia hanya unggul dari Brunei Darussalam, Timor Leste, dan Kamboja. Selebihnya, Indonesia berada di bawah negara-negara ASEAN yang lainnya, seperti Vietnam, Thailand, Myanmar, Filipina, Malaysia, Singapura, bahkan Laos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda