Scroll to Top

Link Yang Di Share Di Twitter Tidak Akan Bertahan Lama

By Aisyah Indarsari / Published on Friday, 09 Sep 2011

Sebuah studi yang dilakukan oleh bit.ly, situs penyingkat URL paling populer, menyimpulkan bahwa sebuah link yang di sharing di Twitter, tidak akan bertahan lama jika dibandingkan dengan link yang di sharing di Facebook maupun YouTube. Berikut seperti yang dikutip dari AllTwitter.

Hal ini bukan berarti sebuah link yang Anda tweet di Twitter dalam waktu singkat akan hilang. Akan tetapi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa lama link yang kita sharing di Twitter “tetap hidup”. Dan ternyata hasilnya tidak cukup memuaskan.

Studi ini didasarkan dengan melihat paruh umur sebuah link yang di share di suatu situs sosial media. Paruh umur disini didefinisikan sebagai “jumlah waktu yang dibutuhkan sebuah link untuk mencapai separuh dari total klik yang akan didapatkan, setelah mencapai titik puncaknya”.

Dan dari 1000 link bit.ly paling populer yang menjadi sampel penelitiannya, diketahui bahwa paruh umur sebuah link yang di share di Twitter hanya dicapai dalam waktu 2,8 jam. Sedangkan Facebook dicapai dalam waktu 3,2 jam, dan YouTube yang terlama, yaitu dalam waktu 7,4 jam.

Berikut adalah grafiknya:

 

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwa link yang di share di Twitter, akan lebih cepat redup gaungnya, jika dibandingkan dengan link yang di share di Facebook maupun YouTube.

Akan tetapi tetap saja, isi konten lebih mempengaruhi paruh umur sebuah link jika dibandingkan dengan di situs mana Anda men-sharing konten tersebut.

Contohnya saja, link sebuah breaking news, ia akan lebih cepat meraih masa puncak dimana itulah moment pengguna paling banyak meng-klik nya, dan link tersebut akan dengan cepat pula menjadi basi, dan redup gaungnya. Lain jika dibandingkan dengan link yang bukan merupakan berita, ia dapat bertahan lebih lama.

Jadi kesimpulannya, jika Anda ingin mendapatkan klik pada link konten yang Anda sharing seoptimal mungkin, selain memperhatikan isi konten yang akan Anda sharing, Anda juga perlu memperhatikan di situs mana Anda akan men-sharing nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda