Scroll to Top

BBM Android & iOS: Metode Identifikasi Apa yang Digunakan?

By Ditya / Published on Saturday, 18 May 2013

BBM Messenger Android iOS

BlackBerry Messenger atau BBM akan hadir untuk sistem operasi Android dan iOS dan yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana metode identifikasinya? Apakah masih menggunakan PIN? Hal ini masih belum diketahui mengingat kehadiran BBM sendiri juga menimbulkan kontroversi.

Seperti yang kita ketahui, aplikasi instant messenger BBM besutan BlackBerry ini hanya hadir untuk Android dan iOS untuk smartphone saja, sedangkan tablet Android dan iPad masih belum ada rencana rilis. Kehadiran BBM di Android dan iOS ini membuat BBM menjadi sebuah aplikasi cross platform dan tak lagi eksklusif bagi pengguna perangkat BlackBerry.

Lalu bagaimana metode identifikasi aplikasi BBM untuk Android dan iOS? Kemungkinan akan masih menggunakan PIN, sama dengan aplikasi BBM untuk smartphone BlackBerry. Aplikasi instant messenger lain seperti Catfiz juga menggunakan model PIN sebagai identifikasi.

Sampai saat ini memang belum ada informasi resmi dari pihak BlackBerry mengenai metode identifikasi yang digunakan, sehingga menimbulkan spekulasi mengenai hal tersebut. Beberapa pihak menyebutkan bahwa kemungkinan BBM akan menggunakan identifikasi dengan nomor ponsel, sama dengan yang diterapkan pada WhatsApp, Line, dan WeChat.

Bisa juga aplikasi BBM untuk Android dan iOS ini menggunakan QR Code, tapi kemungkinannya kecil karena QR Code ini masih kurang praktis. Ada juga yang berpendapat bahwa BBM akan menggunakan email sebagai identifikasi, sehingga pengguna harus mendaftarkan emailnya terlebih dahulu.

Terlepas dari metode identifikasi yang digunakn pada BBM untuk Android dan iOS, kehadiran aplikasi BBM di kedua platform pesaingnya ini pasti akan menimbulkan dampak bagi BlackBerry sendiri. Jika BBM telah hadir di Android dan iOS, apakah BlackBerry masih memiliki daya tarik?

Seperti yang kita ketahui, pengguna smartphone BlackBerry di Indonesia ini sebagian besar digunakan untuk ber-BBM ria atau chat via BBM. Jika itu bisa dilakukan di Android yang rata-rata spesifikasi perangkatnya lebih tinggi dan harga lebih kompetitif, mengapa harus menggunakan BB?

Bagaimana menurut Pembaca?Silahkan Berkomentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda