Scroll to Top

UNS Solo Bawa Dua Mobil Irit ke Shell Eco Marathon 2013

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 18 May 2013

estungkara

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta dalam lomba mobil irit bahan bakar di gelaran Shell Eco Marathon (SEM) Asia  2013. Lomba tersebut rencananya akan diadakan di Sirkuit Sepang Malaysia, pada 4-7 Juli 2013. Tim UNS akan membawa mobil konsepnya yang diberi julukan Estungkara dan Samudra. Demikian dikutip dari Antara.

Tim yang merancang kedua mobil tersebut yaitu tim Bengawan I dan Bengawan II. Tim Bengawan I membawa mobil Estungkara dan diikutkan untuk kategori “Prototype Gasoline”. Sementara mobil Samudra akan diperlombakan untuk ketegori “urban Gasoline”. Kedua tim telah dilepas oleh Rektor UNS, Ravik Karsidi, Jumat kemarin (17/5) bertempat di halaman Rektorat UNS.

“Lomba ini merupakan inovasi bagus, apalagi negara kita sedang berupaya menghemat bahan bakar miyak,” kata Ravik Karsidi.

Sebenarnya UNS bukan kali ini saja mengikuti lomba mobil irit bahan bakar. Tim Bengawan sudah dipunyai UNS sejak September 2011 silam. Kala itu, tim mengikuti lomba mobil irit di gelaran  Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2012 dengan membawa mobil konsep bernama Bengawan. Dalam even yang dilangsungkan di Sirkuit Kenjeran, Surabaya, tersebut, mobil Bengawan berhasil menempuh jarak 68 kilometer dengan memakai satu liter premium. Kategori yang diikuti adalah “Urban Gasoline”.

Sementara itu, pada even SEM 2013 di Malaysia tahun ini, UNS akan bergabung dengan universitas lain di Indonesia untuk mengharumkan nama negara. Wakil dari Indonesia diperkirakan ada 20 tim yang mewakili.

foto:KR Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda