Scroll to Top

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Divonis Kanker Payudara

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 18 May 2013

happy

Mendapatkan vonis kanker sangat berat untuk dijalani. Terlebih pada wanita yang terkena kanker payudara, vonis ini serasa membuat dunia segera berakhir. Padahal, kanker payudara masih mungkin untuk disembuhkan. Terutama yang masih stadium awal, sembuh total dari kanker ini masih mungkin terjadi.

Vonis kanker payudara bukanlah akhir dunia. Dikutip dari She Knows, lakukan hal berikut ini untuk membantu meringankan beban Anda jika ternyata Anda divonis memiliki penyakit ini:

  1. Memahami pilihan operasi yang ingin dilakukan. Biasanya, kanker payudara pada stadium awal akan dilakukan proses pengangkatan sel ganas di area payudara agar tidak menyebar. Anda mesti yakin dengan pilihan Anda. Ada dua jenis operasi, yaitu lumpektomi dan mastektomi. Lumpectomi bertujuan mengangkat kanker beserta tepi jaringan sehat di sekitarnya. Pasien juga akan menjalani 5-7 minggu radioterapi untuk mematikan sel-sel kanker yang tertinggal. Sementara itu, mastektomi adalah operasi untuk mengangkat satu atau kedua payudara untuk sebagian atau seluruh bagian. Radioterapi mungkin juga dilakukan pasca-operasi dilakukan.
  2. Menjadi pasien yang haus akan informasi penyembuhan. Sekalipun terkena kanker payudara, Anda mesti tetap optimis mencari tahu penanganan yang tepat untuk penyakit Anda. Cari tahu pengobatan atau teknologi terbaru penyembuhan kanker payudara dari orang-orang ahli yang berkompeten di bidangnya. Misalnya Anda mencari tahu lebih tepat mana antara lumpektomi atau mastektomi ketika diterapkan pada diri Anda. Atau, Anda bisa menanyakan alat terbaru apa saja untuk bisa membantu penyembuhan. Termasuk pula, cari tahu herbal apa saja yang mungkin tepat untuk mengobati kanker payudara Anda.
  3. Menderita kanker biasanya menimbulkan berbagai pertanyaan dalam benak Anda. Jangan ragu untuk menanyakan berbagai hal yang ingin diketahui kepada dokter. Dari percakapan ini akan membuat Anda lebih memperhatikan kondisi kesehatan sekaligus dapat memacu pikiran lebih bersemangat untuk sembuh dan berpikir jernih. Ingat, kemauan kuat untuk sembuh adalah awal dari kesembuhan itu sendiri.
  4. Kuatkan mental. Bagaimana pun juga, anggapan bahwa kanker berujung pada kematian, telah meracuni semangat banyak pasien untuk mau sembuh. Anda mesti kuat. Kalau Anda terlalu down, tidak ada salahnya mengundang konselor untuk meningkatkan kembali motivasi Anda untuk sembuh.
  5. Jaga kesehatan tubuh dan pikiran. Sakit kanker bukan berarti harus menghabiskan waktu dengan tidur-tiduran. Justru Anda harus melawannya dengan melakukan gaya hidup sehat, baik untuk kesehatan fisik dan pikiran. Tubuh yang sehat mampu mengembangkan kekebalan tubuh yang lebih prima, apalagi saat mau berolahraga rutin dan mengonsumsi makanan sehat. Tubuh dan pikiran yang sehat ikut membantu melawan sel kanker ganas yang menyerang payudara.
  6. Bergabung dengan komunitas penderita kanker payudara. Salah satu cara untuk tetap mampu mempertahankan kualitas hidup adalah bersahabat dengan sesama penderita kanker tersebut. Anda dan anggota komunitas akan saling memberikan dukungan agar sembuh dari belenggu kanker payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda