Scroll to Top

Ciri Keputihan yang Berbahaya

By C Novita / Published on Sunday, 19 May 2013

ciri keputihan yang berbahayaKeputihan merupakan sebuah penyakit yang kerap dialami oleh para wanita pada organ intim mereka. Kemunculan keputihan sangat tidak menyenangkan, sebab dapat mengganggu rasa percaya diri seorang wanita di hadapan pasangannya. Selain itu, keputihan juga membuat tak nyaman.

Tak semua keputihan berbahaya (patologis), sebab ada pula keputihan yang normal (fisiologis) dialami bila kondisi tubuh wanita sedang masuk pada masa subur, atau menjelang dan setelah haid.

Ciri-ciri fisik yang tampak apabila keputihan dianggap normal adalah: lebih encer, transparan, tidak bau busuk, sedikit jumlahnya, serta tidak menimbulkan gatal pada organ intim wanita.

Sedangkan keputihan yang bersifat patologis atau diindikasikan sebagai pertanda penyakit pada organ kewanitaan seperti rahim biasanya memiliki ciri-ciri: kental, berwarna putih atau kuning atau kehijauan apabila telah parah. Juga aroma atau bau yang ditimbulkan tidak sedap, dan membuat organ intim mengalami gatal.

Keputihan yang bersifat patologis juga biasanya berjumlah banyak dan membuat bercak pada celana dalam Anda. Apabila Anda merasa ciri-ciri keputihan seperti ini ada pada diri Anda, maka sebaiknya konsultasilah segera ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Cara menjaga agar organ intim jauh dari keputihan adalah dengan menjaga kebersihannya semaksimal mungkin. Mengganti pakaian dalam apabila telah kotor, kerap mengganti pembalut bila haid, jangan stres, makan makanan bergizi, dan hindari pakaian dalam yang tak menyerap keringat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda