West Bromwich vs MU 5-5: Meriahnya Pesta Perpisahan Sir Alex Ferguson

WBA vs MU

Skor imbang 5-5 menjadi hasil akhir pertandingan antara West Bromwich Albion vs MU di Stadion The Hawthorns, Minggu (19/5/2013). Total sepuluh gol yang tercipta menjadi kado perpisahan yang meriah bagi Sir Alex Ferguson meski Manchester United gagal memenangi pertandingan.

Pertandingan baru berjalan enam menit, MU sudah memimpin lebih dulu. Berawal dari umpan silang Javier Hernandez dari sisi kanan, bola diserobot oleh kepala Shinji Kagawa yang memantulkan bola ke tanah dan membuat Ben Foster tak berkutik. 0-1!

Foster-Kagawa

Tiga menit kemudian, gol kembali tercipta. Kali ini oleh pemain Albion, namun menambah keunggulan bagi United. Umpan silang yang dilepaskan oleh Antonio Valencia justru diteruskan Jonas Olsson ke gawangnya sendiri. 10 menit pertama, Albion tertinggal dua gol.

own goal Olsson

Kerjasama Kagawa, Anderson, dan Tom Cleverley di lini tengah United benar-benar apik. Kolaborasi mereka membuat para pemain Albion gagal mengembangkan permainan mereka sendiri.

Hasilnya, gol kembali tercipta di menit 30. Kejelian Cleverley dalam menunggu momen yang tepat untuk melepaskan umpan membuat Alexander Buttner memiliki ruang tembak yang luas di sisi kiri kotak penalti Albion. Dengan satu sepakan, gawang Foster jebol lagi.

Buttner-Foster

Menit 38, skor harusnya bisa berubah menjadi 0-4. Umpan panjang Buttner masih bisa diamankan oleh Valencia yang langsung mengembalikan bola ke kotak penalti Albion. Disana ada Chicharito yang sudah menunggu, namun penyelesaiannya masih buruk.

Dua menit kemudian, Albion menipiskan skor. Gol berawal dari kesalahan Cleverley dalam menguasai bola hingga bisa direbut pemain Albion. Bola kemudian dikirim ke kotak penalti olah Graham Dorrans dan disambar oleh James Morrison.

Jones-Morrison

Lima menit babak kedua bergulir, Albion sepertinya akan melakukan comeback setelah Romelu Lukaku menyelesaikan umpan Chris Brunt menjadi gol. Lukaku sendiri baru masuk di awal babak kedua.

Lukaku-Valencia

Namun tiga menit berselang, United kembali memperlebar jarak. Umpan Valencia kali ini diteruskan oleh Robin van Persie untuk mengemas golnya yang ke-26 sepanjang musim ini. 2-4!

Olsson-RvP

Sudah selesaikah pesta gol United? Tidak! Pertandingan memasuki menit 63 kala Javier Hernandez sukses mencetak gol kelima timnya. Kali ini, Ryan Giggs yang menjadi arsitek gol tersebut.

Foster-Chicharito

Albion nyaris saja memperkecil kedudukan kala umpan tendangan penjuru Morrison mengarah pada Olsson di tiang jauh. Meski sudah bebas, namun Olsson gagal mengarahkan sundulannya ke gawang Anders Lindegaard. Peluang berikutnya datang saat akselerasi Billy Jones dengan brilian masih bisa digagalkan oleh Lindegaard.

Kiper asal Denmark itu akhirnya takluk lagi di menit 81. Serangan cepat yang dibangun oleh anak asuh Steve Clarke membuahkan gol ketiga mereka setelah Romelu Lukaku kembali memperdayai Lindegaard dengan mudah. 3-5!

Lukaku-Evans

Pesta gol ternyata belum berakhir. Semenit kemudian, Albion mencetak gol keempat mereka! Sebuah usaha yang bagus dari Markus Rosenberg diakhiri dengan finishing apik dari Youssouf Mulumbu.

Lindegaard-Mulumbu

Perjuangan Albion patut diacungi jempol. Mereka terus berusaha untuk menambah satu gol lagi untuk menyamakan kedudukan dan itu mereka capai di menit 86 lewat Romelu Lukaku yang mencetak hat-trick. Bisa dibayangkan bagaimana andai Lukaku dimainkan oleh Clarke sejak menit pertama.

Lukaku-Lindegaard

Tak ada lagi gol yang tercipta. Sepuluh gol serasa membuat pesta perpisahan Fergie terasa begitu meriah dan ramai.

Data Pertandingan:

West Bromwich 5-5 MU (Morrison 40’, Lukaku 50’, 81’, 86’, Mulumbu 82’ / Kagawa 6’, Olsson 9’-og, Buttner 30’, Van Persie 53’, Chicharito 63’)

West Bromwich Albion

Manchester United

No.

Player

YC

RC

No.

Player

YC

RC

1. Ben Foster 13. Anders Lindegaard
28. Billy Jones 7. Antonio Valencia
23. Gareth McAuley 4. Phil Jones
3. Jonas Olsson 6. Jonny Evans (83′)
6. Liam Ridgewell (46′) 28. Alex Buttner
5. Claudio Yacob 16. Michael Carrick
21. Youssouf Mulumbu 8. Anderson
11. Chris Brunt 23. Tom Cleverley (60′)
17. Graham Dorrans 26. Shinji Kagawa (69′)
7. James Morrison (79′) 14. Javier Hernandez
9. Shane Long (79′) 20. Robin van Persie

Substitutes

Substitutes

13. Boaz Myhill 1. David De Gea
25. Craig Dawson 5. Rio Ferdinand (83′)
4. Goran Popov 15. Nemanja Vidic
30. Gabriel Tamas 3. Patrice Evra
8. Markus Rosenberg (79′) 22. Paul Scholes (69′) 83′
32. Marc-Antoine Fortune (79′) 11. Ryan Giggs (60′)
20. Romelu Lukaku (46′) 44. Adnan Januzaj

Manager

Manager

Steve Clarke Sir Alex Ferguson
Referee
Michael Oliver

Komentar Anda

Leave A Response