timnas indonesia latihan rahmad darmawan

Pelatih Rahmad Darmawan sudah mengantongi 66 nama calon pemain yang akan mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-23 sebelum diterjunkan ke ajang SEA Games 2013 di Myanmar akhir tahun nanti. Namun, RD masih menyimpan nama-nama calon penggawa Timnas Indonesia U-23 tersebut. Pasalnya, RD diberi waktu hingga September 2013 untuk mengajukan 30 nama pemain inti Timnas Indonesia U-23.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Satlak Prima, Surya Dharma. Satuan tugas bentukan KONI yang bersama BTN dimandatkan untuk mengelola Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di SEA Games 2013 ini masih memberi kesempatan kepada RD untuk menentukan 30 pemain inti hingga September 2013 mendatang.

“Rahmad Darmawan sudah mengantongi 66 nama pemain untuk dipantau menuju tim inti SEA Games. Namun, karena menggunakan sistem bongkar pasang, maka pengajuan nama masuk tim inti ditunggu hingga September 2013 mendatang,” ujar Surya Dharma di Jakarta belum lama ini.

Dengan alokasi waktu yang cukup panjang, diharapkan Rahmad Darmawan dan jajaran pelatih Timnas Indonesia U-23 dapat dengan leluasa dan benar-benar bisa menjaring 30 pemain pilihan yang akan memperkuat tim Garuda Muda di SEA Games nanti. Pasalnya, Timnas Indonesia U-23 ditargetkan meraih juara dan harus bersaing dengan tim-tim kuat dari Asia Tenggara lainnya.

“Itu yang nantinya menyuguhkan prestasi maksimal untuk menandingi Thailand, Vietnam, dan Malaysia, yang kini juga berpacu menuju SEA Games XXVII di Myanmar nantinya,” tandas Surya Dharma.

Adapun ke-66 nama calon pemain Timnas Indonesia U-23 yang akan mengikuti seleksi tersebut memang masih disimpan oleh RD. Namun, setidaknya bisa diduga beberapa yang kemungkinan besar akan bergabung ke pelatnas, seperti Andik Vermansyah (Persebaya IPL), Andritany Ardhiyasa dan Syahroni (Persija ISL), Diego Michiels dan Ramdani Lestaluhu (Sriwijaya FC), serta Egi Melgiansyah (Arema ISL).

Berikutnya, Rasyid Bakri dan Kurniawan (PSM Makassar), Aji Saka (PSS Sleman), Okto Maniani (Barito Putera), Yosua Pahabol dan Hendra Bayauw (Semen Padang), M. Ridwan (Bontang FC), Ahmad Farisi (Arema ISL), Syarifudin Tahar (PSMS Medan), juga Nurmufid Fastabiqul (Persebaya IPL).

Selain itu, ada juga Fandi Eko Utomo, Rudy Setiawan, dan Bima Ragil (PON Jatim), Dio Permana (Persema Malang), Wahyu Teguh (Persibo Bojonegoro), Saddam Husein (PS Sumbawa Barat), Niko Malau (Semen Padang), Bayu Gatra (Persisam Samarinda), dan para pemain muda lainnya.

RD juga mengisyaratkan akan memanggil para pemain Indonesia yang saat ini bergabung dengan klub-klub di luar negeri, seperti Syamsir Alam, Zainal Haq, Alvin Tuasalamony, dan Yandi Sofyan.