BBM di Android dan iOS, Lalu Apa Fitur Eksklusif BlackBerry?

BBM Messenger Android iOS

Kehadiran aplikasi laris BlackBerry Messenger atau BBM for Android dan iOS ini menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan pengguna Blackberry maupun pengamat teknologi. BBM di Android dan iOS ini menjadi kontroversi tersendiri, lalu apa sebenarnya fitur ekslusif yang dimiliki BlackBerry?

Sebagian besar pengguna smartphone BlackBerry di Indonesia hanya menggunakan perangkatnya untuk berkomunikasi menggunakan BBM dan fitur BBM inilah yang dianggap sebagai pembeda smartphone BlackBerry dengan smartphone lainnya, seperti Android dan iOS.

Ketika CEO BlackBerry, Thorsten Heins mengumumkan kehadiran BBM untuk Android dan iPhone musim panas nanti, banyak yang memperkirakan bahwa perusahaan asal Kanada tersebut sudah putus asa dengan BlackBerry. Sebenarnya tidak seperti demikian, CEO BlackBerry tentu telah memikirkan matang-matang dari keputusan yang diambilnya.

Smartphone BlackBerry masih memiliki fitur eksklusif yang disebut dengan BlackBerry Enterprise Service (BES) yang menyasar segmen bisnis dan enterprise. Tentu saja pengguna smartphone BlackBerry yang hanya menggunakan fitur BBM jarang yang mengenal fitur BES ini karena memang pasar yang dituju adalah perusahaan dan korporasi.

Kehadiran perangkat dan smartphone BlackBerry sendiri awalnya memang didesain untuk membidik pasar bisnis dan perusahaan, sehingga banyak fitur-fitur BlackBerry yang didesain untuk pasar ini, sebut saja fitur Push Mail dan aplikasi bisnis lainnya.

Perusahaan asal Kanada ini tampaknya menyadari bahwa produknya memang takmampu bersaing dengan Android dan iPhone yang membidik pasar konsumer yang mengutamakan kemampuan multimedia dan hiburan, sehingga BlackBerry memutuskan untuk melepas BBM ke Android dan iOS.

Lalu mampukah aplikasi BBM di Android dan iPhone ini populer? Banyak yang meramalkan BBM di Android dan iPhone ini akan cukup sukses. Mari kita tunggu saja kehadiran BBM for Android dan iPhone.

Komentar Anda

Leave A Response