Scroll to Top

Geng Motor Klewang Dibentuk Parpol?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 20 May 2013

Geng Motor Klewang Dibentuk Parpol

Geng Motor Klewang terus mengundang perhatian sejak penangkapan sang pimpinan Klewang beberapa waktu lalu. Bukan hanya karena aktivitasnya yang meresahkan dan pelecehan terhadap wanita yang dilakukan dalam geng tersebut, tetapi juga muncul dugaan bahwa geng ini bisa jadi dibentuk parpol. Benarkah?

Dikutip dari Antara, Kriminolog Universitas Islam Riau, Syahrul Akmal Latif, mulai meraba-raba adanya kemungkinan hal ini. Menurutnya, “Jika (geng motor Klewang) dibentuk oleh parpol, tentu ada kepentingan politiknya. Namun, indikasi (tentang hal ini) masih dalam penelusuran.”

Bukan tanpa alasan Syahrul berkata demikian. Sekian geng motor yang dipimpin Klewang tumbuh begitu pesat dan seakan disusun dengan strategi matang.

“Hanya dalam tempo kurang dari tiga tahun, geng motor di Pekanbaru sudah membentuk sejumlah kelompok yang terus saja berbuat kejahatan. Namun terungkapnya baru belakangan ini,” sebut Syahrul seperti dikutip oleh Antara.

Salah satu strategi pemekaran geng motor ini, dilakukan dengan penjaringan kader hingga pemilihan pucuk-pucuk pimpinan di bawah komando Klewang. Dari sisnilah, sayap-sayap ini terus berkembang menjadi beberapa bagian tersebar di berbagai wilayah.

Berdasarkan penelurusan Antara, ada setidaknya lima geng motor di Pekanbaru yang dibawahi Klewang, yaitu XTC, ARC (Academy Rush Community), Atiet Abang, Sinchan (Sindikat HantuNekat), Penjahat Kelamin (PK), dan Street Demon.

Bagi Syahrul, strategi ini “sama seperti pembentukan organisasi yang merupakan sayap-sayap parpol.”

Nantinya, benarkah rabaan sementara ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda