Scroll to Top

Google Maps Pertemukan Anak dan Orangtua Setelah 23 Tahun Hilang

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 21 May 2013
Lou Gang
Lou Gang dan keluarga ketika bertemu

Lou Gang 23 tahun yang lalu diculik saat masih berusia 5 tahun. Pihak keluarga mencari anak ini yang kemudian dinyatakan hilang saat pergi menuju Taman Kanak-kanaknya. Kini setelah lebih dari dua dasawarsa terpisah, Lou Gang akhirnya bisa berkumpul kembali dengan orangtuanya berkat Google Maps.

Selama 23 tahun Lou Gang terpisah, selama itu pula dirinya tinggal 1.500 kilometer jauhnya dari desa kelahiran di Provinsi Sichuan, China. Ia menuturkan jika dirinya selama itu tinggal bersama keluarga angkat. Mereka, sebut Lou Gang, adalah keluarga angkat yang sangat mencintainya.

Namun Lou Gang tiap malam dihantui memori di masa lalu. Ia rindu kampung halaman dan kenangan masa kecil. Ia pun berusaha mengingat-ingat akan itu. Suasana kota adalah hal yang paling sering dia impikan. Hampir tiap malam, kata Lou Gang, ia selalu bermimpi soal itu.

Lou Gang kemudian membuat sketsa. Ia lalu mengunggahnya ke sebuah situs China. Nah situs ini membantu misi pencarian anak-anak yang hilang. Hasilnya, salah satu pengguna mengetahui objek yang digambar (sketsa) oleh Lou Gang dan lokasinya.

Ia senang bukan kepalang tatkala tahu jika di Kota Guangan, Provinsi Sichuan ada sebuah keluarga yang kehilangan anak. Secara kebetulan pula, keluarga tersebut kehilangan anaknya bertepatan dengan kasus penculikan Lou Gang.

Google Maps langsung jadi pilihan Lou Gang untuk menelusuri kampung halamannya. Ia kemudian mencari lokasi sketsa – yang ternyata adalah sebuah jembatan – di peta digital tersebut. Akhirnya ia menemukan dua lokasi jembatan di Kota Yaojiaba.

Tatkala pulang ke keluarganya, Lou Gang disambut dengan tangis bahagia. Sedangkan soal keluarga angkat yang diduga sebagai pihak penculik, belum ada kabar lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda