Scroll to Top

David Karp: Sempat Putus Sekolah, Kini Jadi Miliader CEO Tumblr

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 21 May 2013

David Karp 2

David Karp muda tak ada bedanya dengan anak seumurannya. Turuti nasehat ibu, ia akhirnya memilih putus sekolah. Serius menekuni minatnya di bidang komputer, kini David Karp menjelma jadi sosok miliader sekaligus CEO Tumblr.

“Aku melihat dia di sekolah sepanjang hari dan di depan komputer sepanjang malam,” ujar Barbara Ackerman sang ibu pada The New York Times.

David Karp, sebutnya, harus putus sekolah. Sang ibu sarankan nasihat kontroversial itu pada sang anak. Namun bukan berarti pria berusia 24 tahun tersebut tidak tersentuh pendidikan, sang ibu lebih memilih home shooling.

“Ini jelas, David Karp butuh ruang dan gairah hidup yang lebih luas untuk passion-nya. Semua tentang komputer,” sambung sang ibu.

David Karp memang tidak pernah menyelesaikan jenjang pendidikan menengah atas atau pula terdaftar di perguruan tinggi. Namun ia miliki peran besar di perusahaan rintisannya (stratup) Tumblr.

Kemarin, Yahoo! secara resmi meminang Tumblr dengan harga sangat fantastis. Marissa Mayer harus rogoh USD 1,1 miliar atau setara dengan Rp 10 triliun. Padahal mulanya Tumblr hanya diprediksi laku USD 250 juta saja.

David Karp kini bergabung dengan ‘klub’ anak muda kaya raya sebelum usia 30 tahun. Selain dirinya, masih ada Mark Zuckerberg (Facebook) dan Dennis Crowley (Foursquare).

David Karp

“Saya pertama kali bertemu dengannya saat, David Karp masih 20 tahun. Ia kenankan jeans dan sepatu kets. Kala itu saya telah yakin jika dirinya akan jadi entrepeneur sukses,” testimoni Bijan Sabet mitra dari Spark Capital salah satu investor Tumblr.

Sejak berdiri selama enam tahun, Tumblr khususnya David Karp dikagumi banyak pihak. Sang CEO dikenal miliki bakat pemrograman dan desain yang handal. Pasca putus sekolah, David Karp melalang buana mulai New York hingga Tokyo.

Pulang dari Jepang, David Karp sempat bekerja di UrbanBaby sebelum diakuisisi CNET Networks tahun 2006. Berbekal beberapa ratus ribu dolar, ia kemudian mendirikan perusahaannya sendiri yang bernama Davidville. Salah satu proyek yang digarap di perusahaan ini adalah Tumblr.

David Karp belia dikenal tenang, agak tertutup, dan suka menyendiri. Kebiasaan ini menjalar di aktivitas kerjanya. Dalam sebuah wawancara di Konferensi Founders di New York tahun lalu, ia mengaku lebih suka datang ke tempat kerja lebih awal.

“Saya lakukan hal itu untuk menghindari orang lain,” akunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda