Scroll to Top

Freeport: Terowongan Runtuh, 21 Orang Tewas

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 21 May 2013

Freeport Terowongan Runtuh, 21 Orang Tewas2

Kamis, 16 Mei 2013 lalu terowongan di fasilitas pelatihan Big Gossan PT Freeport Indonesia di Mimika, Papua, runtuh. Dilansir oleh BBC Indonesia, 38 orang diduga terjebak hidup-hidup oleh reruntuhan itu. Dan Selasa, 21 Mei 2013 ini, empat jenazah berhasil dievakuasi dari terowongan tersebut; yang menambah jumlah korban tewas akibat peristiwa ini, mencapai 21 orang.

Sebelumnya, sepuluh orang lainnya, berhasil diselamatkan dan terus dirawat di rumah sakit. Artinya, ada tujuh orang pekerja yang hingga saat ini masih tertimbun di bawah reruntuhan. Freeport menyatakan bahwa mereka telah mengupayakan pencarian dan penyelamatan. Sementara, perhatian pemerintah Indonesia terhadap kejadian ini  dianggap cukup lambat.

Semisal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Nuwa Wea. Ia mengkritik langkah Presiden SBY dan menterinya yang kurang taktis.

 “Sangat berbeda dengan sikap Presiden Chile yang langsung memimpin operasi penyelamatan saat musibah tambang terjadi di negara Chile dan menjadi sorotan dunia,” katanya seperti dikutip Kompas pada Minggu (19/5).

SBY, pada kesempatan lain, telah memerintahkan dua  menteri kabinet Indonesia Bersatu Jilid II untuk melakukan penyelidikan atas peristiwa ini, “untuk mengetahui apa yang terjadi demi menjamin keselamatan di masa depan.” Namun, kedatangan mereka ditolak oleh Freeport karena proses evakuasi masih berlangsung.

Pasca kejadian, seluruh aktivitas di tambang Grasberg telah dihentikan. Richard Adkerson, presiden sekaligus CEO Freeport McMoRan Copper and Gold, mengaku “sangat berduka dengan kejadian ini”.

Foto: viva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda