Scroll to Top

8 Gadget Dari Star Trek Yang Menjadi Nyata

By Ivan Azzam / Published on Friday, 09 Sep 2011

Tahu film Star Trek? Atau bahkan anda seorang Trekkies? Star Trek adalah salah satu film mengenai luar angkasa dan fiksi sains yang sangat populer hingga saat ini. Tapi kali ini bukan membahas mengenai filmnya, mengenai aspek teknologi yang ada di film tersebut.

Kita tahu bahwa ada banyak teknologi canggih di Star Trek yang saat ditayangkan pertama kali mungkin masih berupa angan-angan, namun kini, beberapa telah benar-benar diwujudkan dalam kehidupan nyata, apa saja teknologi tersebut? Kita lihat langsung dibawah:

1. Ponsel lipat

Saat berada dalam sebuah misi, kru Star Trek berbicara melalui semacam alat komunikasi yang mirip dengan walkie talk yang bisa dilipat atas, mirip dengan ponsel lipat (clamshell mobile phone) masa kini. Ini menginspirasi Motorola pada 1996 dan menciptakan ponsel lipat pertama bernama StarTAC.

[youtube wY9NkYGUEyE]

2. “iPad”

Di salah satu episode Star Trek: The Next Generation, kontrol panel berbasis teknologi sentuh bernama PADD (personal access display devices) seringkali digunakan oleh anggota kru. Dan alat tersebut computer tablet masa kini (iPad, TouchPad dst).

[youtube yVqHoGKQXLI]

3. Bluetooth Headset

Di salah satu adegan di film Star Trek (2009), terlihat Uhura memakai alat komunikasi di kupingnya dan terlihat seperti berbicara sendiri. Teringat dengan perangkat Bluetooth di kuping bukan?

4. Tricorder

Di Star Trek, Tricorder adalah alat yang digunakan untuk sensor scanning, analisis data, dan rekaman data.

Pada pertengahan 90-an, perusahaan bernama Vital Technologies berusaha mereplikasinya dengan nama TR-107 Mark 1. Seperti layaknya film, perangkat ini memiliki fungsi seperti electromagnetic field meter, thermometer, barometer, dan light meter.

Google juga membuat versi Androidnya sebelum stasiun TV CBS menuntut pelanggaran hak cipta.

5. Floppy disk dan USB Drive

Di Star Trek, ada semacam benda dari plastik berbentuk persegi yang bisa dimasukkan ke bermacam komputer. Tahun 80an sampai 90an kita melihat benda nyata itu yang kita sebut floppy disk atau disket dan ukurannya juga mirip dengan di film tersebut.

Selain itu, di Star Trek: The Next Generation, ada semacam chip yang bisa menyimpan gigabit data. Mirip dengan flash disk masa kini bukan?

6. Teknologi Aktivasi Suara

Tidak perlu dijelaskan lagi, banyak perangkat masa kini (smartphone dan kawan-kawan) memiliki teknologi pengenalan suara (voice recognition), lihat salah satu contoh teknologi tersebut dari cuplikan episode dibawah ini:

[youtube tpKx7Oi0oeM]

7. GPS

Pada 1995, GPS pertama kali digunakan oleh pemerintah AS, sekitar 30 tahun dari konsep yang dikenalkan oleh Star Trek.

8. Diagnostic Bed

Sekelompok peneliti/ilmuwan dari Universitas Leicester membuat peralatan yang bisa mendiagnosis pasien yang mengalami gejala awal suatu penyakit menggunakan teknologi thermal imaging dan menganalisis nafas pasien. Lihat contohnya:

[youtube jp3bXZWA6Ig]

(via Mashable)

One thought on “8 Gadget Dari Star Trek Yang Menjadi Nyata”

  1. Star Trek memang hebat, banyak juga teknologi medikal yang bisa diangkat, very inspiring & encouraging human.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda