Scroll to Top

Eesha Khare, Pelajar 18 Tahun Buat Charger Ponsel 15 Detik

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 22 May 2013

Eesha Khare 1

Usianya masih belia, 18 tahun. Terlebih lagi Eesha Khare adalah sosok wanita. Pelajar Lynbrook High School, California, Amerika Serikat ini ciptakan charger ponsel yang bisa mengisi daya penuh hanya 15 detik saja.

Jarang didapati dari kalangan kaum hawa yang miliki passion soal teknologi. Umumnya pihak pria mendominasi dalam jagat ini. Dengan prestasinya, Eesha Khare berhak menggondol penghargaan Young Scientist Award di ajang Intel International Science and Engineering Fair.

Eesha Khare membuat perangkat yang cukup kecil. Ukurannya tak lebih dari 1 inch saja. Alatnya ini bisa dimasukkan dalam baterai ponsel. Sebuah kapasitor super baru berhasil ia ciptakan.

Eesha Khare
Eesha Khare

Menurutnya kapasitor ini adalah penyimpan energi yang mampu menyimpan energi lebih besar, namun dalam ukuran kecil. Atas jerih payahnya, ia berhak menerima hadiah USD 50 ribu.

Hadiah yang ia terima, kata Eesha Khare, akan digunakan sebagai biaya kuliah di Harvard. Sebuah kampus bergengsi dimana Mark Zuckerberg dan Bill Gates sempat menimba ilmu di sana. Sedangkan gadget buatannya sendiri masih dalam tahap ujicoba.

Tahap ujicoba saat ini dugunakan sebagai sumber daya lampu LED. Jika penelitiannya berlangsung sukses, bukan tak mungkin bisa diterapkan ke pelbagai sumber daya perangkat, sebut saja ponsel atau tablet.

http://www.youtube.com/watch?v=5LahFsj6bLI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda