Scroll to Top

Intel Xeon Phi Dipersiapkan, Usung 61 Core Prosesor

By Ditya / Published on Thursday, 23 May 2013
Intel Xeon Phi
Intel Xeon Phi

Intel, produsen prosesor x86 terbesar di dunia dikabarkan tengah mempersiapkan co-prosesor Xeon Phi yang dilengkapi hingga 61 core prosesor. Sekilas memang Xeon Phi ini seperti sebuah kartu grafis yang sangat mirip dengan Larrabe besutan Intel. Namun, Xeon Phi ini mengusung fungsi yang berbeda dengan pengolah grafis.

Intel Xeon Phi adalah sebuah co-prosesor yang bertugas membantu meningkatkan kekuatan proses dan komputasi dari sebuah sistem komputer. Tujuan Intel sendiri dalam menghadirkan Xeon Phi adalah meningkatkan kemampuan komputasi untuk mejjalankan tugas-tugas CPU (Central Processing Unit) di server maupun komputer desktop.

Berbeda dengan prosesor x86 standar, Intel Xeon Phi mengusung penampilan mirip kartu grafis yang dibekali dengan memori GDDR5 sebesar 8GB. Co-prosesor Xeon Phi ini diproduksi dengan proses litografi 22nm. Intel mengklaim kinerja yang dihasilkan Xeon Phi ini cukup besar dan cepat.

Varian Xeon Phi
Varian Xeon Phi

Varian tertinggi dari Xeon Phi adalah SE10P/X yang mengusung 61 core prosesor dengan kecepatan 1,1GHz yang dipadukan dengan L2 cache sebesar 30,5MB dan memori GDDR5 dengan kapasitas 8GB yang berlari dengan kecepatan 5,5GHz yang diklaim mampu menghasilkan kinerja hingga 1073Gflops.

Xeon Phi varian terendah adalah 3120A/P yang mengusung 57 core prosesor dengan kecepatan 1,1GHz yang dipadukan dengan L2 cache sebesar 28,5MB dan memori GDDR5 dengan kapasitas 8GB yang berlari dengan kecepatan 5GHz yang diklaim mampu menghasilkan kinerja hingga 1003Gflops.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (22/05/2013), sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Intel mengenai varian dan peluncuran resmi dari co-prosesor Xeon Phi ini. Harga dari Intel Xeon Phi sampai saat ini juga belum diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda