Scroll to Top

Xbox One vs PlayStation 4: Perbandingan Spesifikasi

By Ditya / Published on Thursday, 23 May 2013
PlayStation 4 vs Xbox One
PlayStation 4 vs Xbox One

Microsoft telah secara resmi memperkenalkan konsol game terbarunya, yakni Xbox One. Seperti yang kita ketahui, pesaing terdekatnya, Sony juga telah menyiapkan konsol game PlayStation 4. Lalu, mana yang lebih canggih antara Xbox One vs PlayStation 4? Berikut ini adalah perbandingan spesifikasi antara Xbox One dengan PlayStation 4.

Dapur Pacu & Grafis

Sektor prosesor atau CPU (Central Processing Unit), kedua konsol game ini tak berbeda jauh, yakni ditenagai oleh prosesor AMD Jaguar 8 core. Prosesor Xbox One telah dikustomisasi oleh Microsoft, sedangkan prosesor PlayStation 4 berjalan dengan kecepatan 1,6GHz.

Sektor pengolah grafis ini adalah hal yang cukup penting bagi sebuah konsol game. Microsoft Xbox One menggunakan grafis dari AMD yang spesifikasinya masih belum diketahui dan dilengkapi dengan dukungan DirectX 11.1 dan teknologi ESRAM sebesar 32MB.

Sedangkan PlayStation 4 besutan Sony ini menggunakan pengolah grafis AMD Radeon GCN (Graphics Core Next) yang mengusung 1152 stream prosesor yang mampu menghasilkan komputasi 1,84Tflops.

Microsoft membekali Xbox One dengan memori RAM sebesar 8GB dengan teknologi DDR3. Sedangkan Sony membekali memori RAM PlayStation 4 dengan memori RAM sebesar 8GB dengan teknologi GDDR5 yang mampu menghasilkan bandwidth hingga 176Gbps.

Motion Sensing & Storage

Microsoft membekali Xbox One dengan kapasitas penyimpanan sebesar 500GB, sayangnya media penyimpanan Xbox One ini tak dapat dilepas Microsoft mengandalkan teknologi Kinect 2.0 dengan kamera HD 1080p dan sensor IR 250.000 piksel.

Sedangkan Sony PlayStation 4 belum diketahui berapa ruang penyimpanan internal yang diusungnya. Sony mengandalkan teknologi PlayStation Eye dengan kamera dual-lens dengan resolusi dua kali 1280 x 800 piksel. Kedua konsol ini menggunakan port USB 3.0 dan Blu-Ray.

Konektivitas & Multimedia

Microsoft Xbox One dilengkapi dengan port Ethernet, WiFi, dan WiFi Direct, serta mampu mendukung HDMI, HD 1080p, Ultra HD 4K, dan 7.1 surround. Sedangkan PlayStation 4 dilengkapi dengan port Ethernet, WiFi, dan Bluetooth, serta mampu mendukung HDMI, HD 1080p, dan Ultra HD 4K.

Lalu, apa yang Anda pilih? Xbox One atau PlayStation 4? Silahkan berkomentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda