Scroll to Top

Final Liga Champion: Jupp Heynckes Mengejar Rekor Jose Mourinho

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 24 May 2013

Final Liga Champion: Jupp Heynckes Mengejar Rekor Jose Mourinho

Menjelang final Liga Champion pada Minggu, 26 Mei 2013 mendatang, pelatih Jupp Heynckes ditantang untuk membuktikan kualitasnya. Sang pelatih bisa saja menjadi pelatih keempat yang berhasil memenangi trofi Liga Champions dengan dua klub berbeda. Menyetarai rekor Jose Mourinho.

Partai final Liga Champions di Wembley kelak, merupakan partai terakhir Jupp Heynckes bersama Bayern Munich di Eropa. Ia masih menyisakan satu laga perpisahan untuk tim Bavaria, yaitu di ajang DFB-Pokal melawan Vfb Stuttgart pada awal Juni mendatang.

Jika Bayern Munchen berhasil menekuk Dortmund kelak, Heynckes akan menjadi pelatih ke-10 dalam sejarah Liga Champions yang berhasil memenangi trofi ini dua kali.

Ia juga akan menjadi pelatih keempat dalam sejarah, yang sukses menggenggam mahkota tertinggi Eropa. Setara dengan yang didapatkan Ernst Happel (juara bersama Feyenoord dan Hamburg), Ottmar Hizfield (Borussia Dortmund & Bayern Munchen), dan Jose Mourinho (Porto & Internazionale).

Sebelumnya, Heynckes sukses meraih gelar Liga Champions bersama Real Madrid pada tahun 1998 ketika menumbangkan Juventus di partai puncak via gol Predrag Mijatovic.

Duel Bayern vs Dortmund kelak juga merupakan duel yang melambangkan pertarungan tua-muda. Jupp Heynckes adalah perwakilan generasi tua yang akan berhadapan dengan Juergen Klopp, pelatih dari generasi muda dengan gaya khasnya sendiri.

Bayern Munchen, di atas kertas lebih diunggulkan. Apalagi mereka telah menyingkirkan Barcelona dengan margin 7-0. Namun, bisa jadi Klopp menggagalkan ambisi Heynckes setara dengan tiga pelatih terkemuka di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda