Scroll to Top

PlayStation 4 Unggul Soal Grafis dari Xbox One

By Ditya / Published on Friday, 24 May 2013

PlayStation4_vs_Xbox_One

Microsoft akhirnya mebeberkan spesifikasi pengolah grafis dari konsol Xbox One. Namun, berdasarkan spesifikasi di atas kertas, pengolah grafis konsol Sony PlayStation 4 lebih unggul ketimbang konsol Xbox One. Bahkan, grafis PlayStation 4 ini mampu menghasilkan kinerja hingga 50% lebih cepat dibandingkan dengan Xbox One, mengapa demikian?

Baik prosesor maupun pengolah grafis, kedua konsol ini sama-sama dibuat oleh AMD. Keduanya menggunakan grafis yang berasal dari arsitektur AMD Radeon GCN (Graphics Core Next). Namun, kedua konsol tersebut ternyata mengusung spesifikasi yang berbeda.

Konsol game PlayStation 4 besutan Sony ini menggunakan pengolah grafis AMD Radeon GCN (Graphics Core Next) yang mengusung 1152 stream prosesor atau 18 CU (Compute Unit) yang berlari dengan kecepatan 800MHz yang mampu menghasilkan komputasi 1,84Tflops. Hal ini masih didukung oleh penggunaan memori yang cukup cepat, yakni jenis GDDR5.

Sedangkan pengolah grafis Xbox One ini menggunakan AMD Radeon GCN yang hanya dilengkapi 12 CU atau hanya 768 stream prosesor yang berlari dengan kecepatan 800MHz dan menghasilkan kinerka komputasi hingga 1,33Tflops. Sayangnya, Microsoft membekali memori RAM yang lebih lambat dari konsol pesaingnya, yakni jenis DDR3.

Melihat perbedaan spesifikasi keduanya yang berbeda cukup signifikan, Microsoft Xbox One tampaknya harus mengakui keunggulan kinerja grafis dari pesaingnya, PlayStation 4. Hal ini membuat banyak pihak berharap agar PlayStation 4 mampu memberikan pengalaman gaming yang lebih baik.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (23/05/2013), prosesor kedua konsol game ini bisa dibilang setara karena ditenagai prosesor yang sama, yakni prosesor AMD Jaguar 8 core yang berlari dengan kecepatan 1.6GHz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda