Scroll to Top

Alasan Mengapa Makan Oatmeal Itu Sangat Sehat

By C Novita / Published on Friday, 24 May 2013

oatmeal sehat

Masyarakat Indonesia masih menganggap mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi adalah hal yang aneh. Padahal, oatmeal telah terbukti menyehatkan dan banyak menyimpan manfaat bagi tubuh manusia.

Jika Anda ingin tahu apa saja alasan mengapa oatmeal sangat menyehatkan, terutama bila dibandingkan dengan nasi, simak berikut ini:

  • Menurunkan kolesterol

Oatmeal sudah  terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat alias LDL dalam darah. Bahkan Mayo Clinic menetapkan oatmeal termasuk dalam 5 makanan wajib bagi pasien yang menderita kolesterol tinggi.

  • Sumber serat yang baik

Serat pada oatmeal mampu menyerap air secara signifikan, hingga memperlambat proses pencernaan. Ini yang membuat Anda kenyang lebih lama setelah mengonsumsi oatmeal. Jika Anda sedang menurunkan berat badan, oatmeal adalah pilihan yang efektif.

  • Sumber protein yang baik

Oatmeal ternyata juga sumber protein yang baik. Protein adalah sumber energi yang sulit dihancurkan oleh tubuh, sehingga akan lebih awet dibanding sumber energi seperti karbohidrat. Protein juga sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan otot, hingga kerap dikonsumsi oleh para body builder atau binaragawan.

  • Menurunkan kadar gula darah

Oatmeal mampu melambatkan penyerapan gula sehingga berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Orang yang menderita diabetes tipe 2 sangat dianjurkan untuk mengonsumsi oatmeal setiap harinya.

Oatmeal adalah gandum utuh, dan mengonsumsinya sangat baik untuk kesehatan jantung, termasuk menurunkan tekanan darah. Pada oatmeal juga terdapat lignan, zat yang diketahui mencegah penyakit jantung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda