Scroll to Top

iRobot: Robot Polisi Brazil ala Robocop Senilai Rp 62 Miliar

By Ibnu Azis / Published on Friday, 24 May 2013

iRobot 1

Pemerintah Brazil siapkan robot canggih yang bernama iRobot guna kemanan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Rio 2016. Robot polisi ini menelan anggaran USD 7,2 juta atau sekitar Rp 62 miliar. Situs Daily Mail menulis jika iRobot laiknya Robocop di dunia nyata.

Namun robot ini tak miliki kemiripan sedikit pun dengan Robocop. iRobot tak garang, bentuknya mini, dan berjalan dengan roda berantai mirip tank.

Perusahaan iRobot sendiri berujar jika 30 robot akan diserahterimakan pada akhir tahun 2013. Ini termasuk suku cadang serta peralatan pendukung lainnya.

iRobot 2

Pemerintah Brazil yakin jika sebagian robot telah siap dan bisa dimanfaatkan dalam misi pengamanan Piala Konfederasi. Lantas, apa sesungguhnya peran iRobot itu sendiri?

iRobot sejenis kendaraan darat mini tanpa awak. Miliki kecanggihan dalam pemantauan, menyingkirkan, dan menjinakkan bom. iRobot juga miliki tugas pengamanan terkait keamanan lainnya.

Nilai kontrak secara keseluruhan dengan perusahaan iRobot telah ditandatangani. Dengan nilai fantastis Rp 62 miliar pemerintah Brazil berharap bisa segera gunakan robot sekuritas canggih miliknya.

iRobot  3

Pada konflik di Timur Tengah (Irak) beberapa waktu lalu, iRobot jenis 310 dan 510 sempat rasakan bagaimana ngerinya zona perang. Robot canggih ini miliki misi pengintaian, pengumpulan data, dan dilengkapi dengan teknologi pemetaan serta GPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda