Scroll to Top

Samsung Redwood GT-i8800, Smartphone Tizen OS Pertama

By Ditya / Published on Saturday, 25 May 2013
Samsung Redwood GT-i8800
Samsung Redwood GT-i8800

Smartphone dengan sistem operasi Tizen OS pertama besutan Samsung telah bocor di internet, yakni Samsung Redwood GT-i8800. Smartphone Redwood GT-i8800 ini menggunakan sistem operasi Tizen OS 2.1 dengan nama sandi Magnolia. Tampaknya, smartphone berbasis Tizen OS ini tak lama lagi akan hadir.

Tizen sendiri adalah sistem operasi yang berbasis Linux yang muncul setelah proyek MeeGo besutan Nokia dan Intel berhenti. Awalnya, Nokia menggandeng Intel untuk mengembangkan sistem operasi MeeGo, akan tetapi Nokia memutuskan untuk menghentikan proyek MeeGo dan kini diambil alih oleh Samsung dan berganti nama menjadi Tizen.

Spesifikasi Samsung Redwood GT-i8800 ini masih belum diketahui detailnya, tetapi smartphone ini mengusung layar dengan resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel dan ditenagai oleh prosesor ARM Cortex-A9. Sayangnya, belum diketahui chipset apa yang digunakan oleh smartphone Redwood GT-i8800 ini.

S Voice

Smartphone Redwood GT-i8800 yang berbasis Tizen OS ini ternyata juga mengusung fitur khas Samsung, salah satu di antaranya adalah S Voice. Jika pada jajaran Samsung Galaxy pengguna cukup berkata “Hi, Galaxy” untuk mengaktifkan S Voice, maka pada Redwood GT-i8800 pengguna cukup mengucapkan “Hi, Tizen” dan S Voice pun aktif.

Sistem operasi Tizen OS ini menggunakan antarmuka yang dibuat dengan HTML5, sama dengan Firefox OS. Tak hanya itu, Samsung menjanjikan Tizen OS sebagai sistem operasi yang benar-benar open source. Namun, sampai saat ini belum diketahui fitu-fitur lain yang ditawarkan oleh Redwood GT-i8800 ini.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (24/05/2013), smartphone Samsung Redwood GT-i8800 ini diperkirakan akan meluncur ke pasar pada akhir tahun ini. Penasaran? Mari kita tunggu kehadiranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda