Scroll to Top

Pengumuman SNMPTN 2013 Pada 28 Mei

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 25 May 2013

Pengumuman SNMPTN 2013 Pada 28 Mei

Hati siswa lulusan SMA dan sekolah sederajat masih dag-dig-dug. Jumat, 24 Mei 2013 lalu mereka baru saja mengalami masa-masa menegangkan menunggu pengumuman hasil UN 2013. Dan pada 28 Mei mendatang, mereka akan menanti pengumuman SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) tahun ini.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa jadwal pengumuman SNMPTN bisa dimajukan atau diundurkan. Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta, Prof. Drs. Sutarno Msc. PhD seperti dikutip oleh Okezone menyatakan, “Sebetulnya bila UN bisa diumumkan on time, maka dua hari kemudian SNMPTN juga bisa diumumkan.”

Asumsi awal, jika UN diumumkan pada Kamis, 24 Mei 2o13 artinya, pengumuman SNMPTN akan berlangsung dua hari kemudian, yaitu Minggu, 26 Mei 2013. Sebaliknya, jika pengumuman UN mundur, demikian pula dengan nasib seleksi masuk ke perguruan tinggi ini.

Dalam situs resmi SNMPTN yang beralamat di www.snmptn.ac.id sendiri, belum ada perubahan. Masih tercantum bahwa pengumuman akan berlangsung pada Selasa, 28 Mei mendatang.

Meskipun demikian, sejatinya berbagai universitas sudah mengantongi hasil SNMPTN ini. Artinya, kapan waktu pengumuman tersebut hanyalah sebatas formalitas semata.

SNMPTN sendiri merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang melibatkan 61 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Penerimaan ini berlaku untuk semua lulusan SMA atau sekolah yang sederajat, seperti SMK MA, dan MAK. Alokasi penerimaan mahasiswa dari jalur ini sendiri, mencapai 60%.

Yang menjadi faktor penentu keberhasilan seorang siswa lolos dari SNMPTN adalah nilai rapor, prestasi lain, dan hasil ujian nasional siswa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda