Scroll to Top

Liu Lingchao: Kemanapun Ia Pergi, Pria China Ini Menggendong Rumahnya

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 26 May 2013
Liu Lingchao 1
Liu Lingchao meggendong rumah seberat 60 kilogram.

Tak gendong, kemana-mana. Itulah sepenggal lirik lagu legendaris dari almarhum Mbah Surip. Liu Lingchao (38), warga China Provinsi Guangxi dalam keseharian seperti lagu Tak Gendong di atas. Kemana-mana, ia selalu menggendong rumah miliknya ibarat siput.

Seakan seperti rumah portable, kediaman Liu Lingchao hanya berdinding lembaran-lembaran plastik. Plastik ini kemudian direkatkan pada ‘pilar’ bambu ringan. Meski terkesan enteng, total bobot rumah yang dipikul Liu Lingchao capai 60 kilogram.

Liu Lingchao 2
Liu Lingchao sedang memasak di dalam rumahnya.

Bahkan Liu Lingchao mengaku jika rumah portable-nya saat ini adalah rumah ketiga yang telah ia ciptakan. Rumah terbarunya, kata Liu, bisa bertahan selama satu tahun. Meski terlihat ringkih namun ia terbebas dari panas, hujan, dan hawa dingin yang menyengat di kala malam.

Liu Lingchao kemudian menambahkan, dengan kondisinya seperti ini ia bisa bebas pergi kemanapun. Ini sejurus dengan profesinya sebagai pemungut botol plastik dan barang bekas lainnya (pemulung).

Liu Lingchao 3
Sudah lima tahun Liu Lingchao memikul rumahnya kemana pun ia pergi.

Profesi pemulung memang mengharuskan ia hidup secara nomaden atau berpindah-pindah. Kebiasaan ini, ujarnya, telah dilakoni sejak lima tahun yang lalu. Liu Lingchao mengaku jika langkahnya menghemat banyak biaya.

Liu Lingchao 4
Meski sangat sederhana, Liu Lingchao terlindung dari panas, hujan, dan dingin.

Apa yang tercermin dari kehidupan Liu Lingchao adalah sedikit potret bagaimana kerasnya kehidupan di China. Seperti diwartakan Daily Mail, persaingan yang ketat di dunia kerja, akibat imbas dari ledakan penduduk yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda