Scroll to Top

Fairphone, Smartphone Ramah Lingkungan Pertama di Dunia

By Ditya / Published on Sunday, 26 May 2013
Fairphone
Fairphone

Fairphone, smartphone yang diklaim sebagai smartphone ramah lingkungan pertama di dunia ini telah diperkenalkan. Smartphone ini diklaim ramah lingkungan karena proses pembuatannya sama sekali tidak membahayakan lingkungan.

Smartphone Fairphone ini kabarnya dibuat dengan proses terpisah dan dengan kondisi kerja yang baik. Pembuatan smartphone Fairphone ini kabarnya juga menggunakan beberapa bahan daur ulang yang ramah lingkungan serta mengurangi penggunaan mineral logam.

Perusahaan pembesut smartphone Fairphone ini telah membuka pre-order atau pemesanan dengan harga US $420 atau sekitar Rp 4 jutaan. Perusahaan ini memerlukan setidaknya 5000 pre-order untuk memulai proses produksi Fairphone yang ramah lingkungan tersebut.

Bagaimana dengan spesifikasi Fairphone? Tak terlalu istimewa, Fairphone dilengkapi dengan layar berukuran 4,3 inci dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel berjenis touchscreen kapasitif. Fairphone ini menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean.

Sektor dapur pacu, smartphone Fairphone ini ditenagai oleh chipset MediaTek MT6589M yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,2GHz yang didukung dengan pengolah grafis PowerVR SGX544 dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB.

Fairphone ini dilengkapi dengan memori internal berukuran 16GB dan dibekali dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Tak hanya itu, Fairphone ini juga dilengkapi dukungan dual SIM dan kamera depan 1,2 megapiksel, serta kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (25/05/2013), sayangnya pre-order Fairphone ini hanya dibuka di Eropa, belum diketahui kapan Fairphone ini meluncur untuk pasar global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda