Scroll to Top

Intel: Haswell Buat Baterai Notebook 50% Lebih Tahan Lama

By Ditya / Published on Sunday, 26 May 2013
Intel Haswell
Intel Haswell

Intel, produsen prosesor x86 terbesar di dunia ini mengklaim bahwa prosesor generasi keempat mereka yang mengusung nama sandi Haswell ini mampu membuat baterai notebook 50% lebih tahan lama dibandingkan dengan notebook berbasis prosesor sebelumnya, Ivy Bridge.

Kemampuan untuk membuat baterai notebook berbasis Haswell 50% lebih lama ini diungkapkan oleh Rani Borkar, wakil presiden korporat dan general manager dari Intel Architecture Group. Lalu apa rahasia hemat energi prosesor generasi Haswell besutan Intel ini?

Seperti yang dikatakan oleh Intel sebelumnya, prosesor generasi keempat atau Haswell menjanjikan peningkatan performa yang signifikan dan diiringi oleh penurunan konsumsi daya. Hal ini dapat dilakukan karena Intel Haswell mampu menghemat baterai secara signifikan ketika notebook dalam modus siaga atau standby.

Tak hanya itu, Intel telah mengoptimasi arsitektur prosesor generasi Haswell dengan mengintegrasikan teknologi low power state, interkoneksi yang lebih cepat, integrasi voltage regulator, dan dipadukan dengan proses produksi 20 nanometer.

Tak hanya itu, Rani Bokar juga mengungkapkan bahwa penurunan konsumsi daya ini tak berakibat pinalti pada kinerja, karena Haswell ini telah mengusung set instruksi dan perbaikan mikroarsitektur prosesor Intel, sehingga kinerja akan justru mengalami peningkatan.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (25/05/2013), prosesor Haswell sendiri akan segera diluncurkan di ajang COMPUTEX 2013 yang dilaksanakan di Taipei, Taiwan pada awal Juni mendatang. Haswell tak hanya menawarkan konsumsi daya yang efisiem, tapi juga mendorong hadirnya notebook hybrid, convertible ultrabook yang dilengkapi dengan layar sentuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda