Scroll to Top

AMD: Perangkat Hybrid Adalah Masa Depan Notebook

By Ditya / Published on Monday, 27 May 2013

AMD APU 2013

Setelah meluncurkan jajaran APU (Accelerated Processing Unit) terbaru, Advanced Micro Device atau AMD meluncurkan pernyataan bahwa perangkat hybrid akan menjadi masa depan bagi notebook. Produsen prosesor x86 terbesar kedua di dunia ini juga mengatakan bahwa pertumbuhan penjualan notebook tradisional telah stagnan.

Apa yang dimaksud dengan perangkat hybrid? Perangkat hybrid adalah perangkat yang memiliki dua fungsi, yakni tablet dan notebook. Saat ini telah banyak perangkat hybrid yang beredar, yakni notebook hybrid, ultrabook convertible, dan tablet dengan keyboard yang dapat dilepas-pasang.

“Kami pikir hibrida adalah notebook masa depan. Beberapa form factor akan memiliki umur simpan pendek dan tidak ada pengujian volume. Desain yang belum ada di sana,” kata Kevin Lensing, Direktur AMD Mobility.

Kevin Lensing juga menambahkan bahwa saat ini notebook tradisional telah mengalami penurunan yang cukup signifikan karena saat ini pasar lebih tertarik pada perangkat tablet dan perangkat hybrid. Saat ini perangkat hybrid seperti notebook hybrid dan ultrabook conevertible mulai banyak beredar dan banyak produsen yang mengusung produk tersebut.

AMD sendiri telah menyiapkan solusi untuk dapur pacu perangkat hybrid tersebut melalui prosesor APU Temash dan APU Kabini. Kedua produk APU tersebut memeang didesain oleh AMD untuk membidik pasar tablet dan perangkat hybrid. Tak hanya itu, AMD sendiri juga telah menyiapkan beberapa fitur untuk mendukung perangkat hybrid, salah satunya adalah AMD Turbo Dock Technology.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (26/05/2013), AMD sendiri sempat sukses di pasar netbook melalui produk Brazos pada tahun 2011. Namun, masa depan netbook tampaknya tak lagi menjanjikan dan AMD kini mulai mengalihkan fokusnya pada tablet dan perangkat hybrid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda