Scroll to Top

Tips Mengamankan Rumah Saat Berpergian Lama

By Ilham Choirul / Published on Monday, 27 May 2013

pergi

Pencurian rumah bisa mengancam siapa saja. Mulai dari rumah milik orang berada maupun kaum papa, semuanya bisa menjadi sasaran pencurian kala pemiliknya lengah. Kelengahan itu salah satunya adalah meninggalkan rumah tanpa pengawasan saat berpergian jauh.

Oleh karena itu, jika Anda berpergian untuk waktu lama, sebaiknya memberikan pengawasan terhadap kondisi rumah sekalipun itu pengawasan pasif. Dikutip dari QuickEasyFit, berikut cara meningkatkan keamanan rumah Anda waktu kondisi kosong:

  1. Beritahu tetangga yang dipercaya, bahwa rumah  Anda akan kosong untuk beberapa hari. Cara ini ibarat “menitipkan” rumah. Tetangga pun bisa bertindak jika mendadak ada kegaduhan atau tanda-tanda tidak lazim yang muncul dari rumah Anda. Minimal tetangga akan melihat kondisi rumah atau berkoordinasi dengan warga lain untuk mengamankan rumah dari tindak kejahatan.
  2. Gunakan lampu dengan timer untuk beberapa bagian rumah, seperti teras atau interior. Lampu yang menyala saat siang hari kerap menjadi tanda bahwa rumah sedang kosong. Pencuri biasa muncul niat jahatnya dari tanda ini. Dengan menyetting nyala lampu, diharapkan rumah terlihat ada orang yang meninggalinya.
  3. Pasang alarm rumah dengan peringatan berupa suara anjing menyalak. Tempatkan sensor alarm di tempat yang paling mungkin dilewati orang jahat. Ketika sensor teraktifkan oleh pencuri, suara anjing akan mengagetkan dan aksi pencurian dapat digagalkan.
  4. Batalkan pesanan-pesanan yang dikirim harian. Misalnya, untuk sementara waktu Anda batalkan pengiriman koran atau katering ke rumah. Dengan meminimalisasi orang lain untuk tahu bahwa Anda sedang pergi, maka dapat mengurangi risiko pencurian.
  5. Memasang peralatan keamanan rumah mungkin yang terbaik untuk saat ini, meskipun harganya agak mahal. Anda bisa memasang CCTV yang terkoneksi dengan internet, sehingga Anda bisa memantau rumah kapan saja dan di mana saja. Rekaman CCTV juga memberikan petunjuk jika aksi pencurian benar-benar terjadi di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda