Scroll to Top

Di Inggris, Update Status Anti-Muslim Bakal Dibui

By Ibnu Azis / Published on Monday, 27 May 2013

Media Sosial

Penyerangan seorang serdadu Inggris oleh dua orang Muslim di Woolwich, London, berbuntut panjang. Pihak kepolisian Inggris berikan ultimatum akan menangkap siapa saja yang update status anti-Muslim atau menyudutkan Islam.

Sejauh ini polisi Inggris telah menangkap tiga orang yang lakukan tindakan demikian. Dua pelaku mengunggah komentar anti Muslim serta mengritik Islam di Twitter dan sisanya menebar konten serupa di Facebook.

Mereka didakwa dengan UU Ketertiban Umum. Tindakan ini diambil sebab diduga menghasut kebencian dan rasial serta keagamaan. Apa yang mereka lakukan sangat berbahaya bagi keberadaan komunitas tertentu (Muslim).

“Orang-orang harus berhenti lakukan ini. Mereka harus berfikir tentang apa yang akan ditulis di media sosial sebelum sebabkan konsekuensi serius,” ujar salah satu wakil kepolisian, dikutip dari Business Insider.

Insiden penghasutan ini dimulai pasca tragedi mengenaskan di Woolwich. Serdadu Inggris ditikam dengan pisau, golok, dan ironisnya aksi ini dilakukan di depan publik.

Kemudian didapati fakta jika pelaku adalah dua orang Muslim Afrika. Pasca penangkapan ini mucul statement yang menyudutkan komunitas Muslim dan Islam di media sosial.

Tak kurang 2,3 juta warga Muslim Inggris was-was pasca insiden tersebut. Gencarnya hasutan kebencian khususnya yang menyinggung ras dan agama kian memerparah keadaan.

Polisi pun tak tinggal diam. Mereka segera bertindak pada hari itu juga dan langsung menahan dua orang yang menebar teror di Twitter.

“Kami memulai penyelidikan di media sosial dan di sekitar jam 03:20, dua pria, 23 dan 22 tahun, ditahan di dua alamat di Bristol,” ujar polisi setempat pada The Independent.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda