Scroll to Top

Ini Rempah-rempah yang Memiliki Manfaat Pengobatan

By C Novita / Published on Monday, 27 May 2013

rempah rempah pengobatan

Rempah-rempah adalah salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia, bahkan sampai menyebabkan wilayah ini dijajah selama beratus tahun. Manfaat yang dikandung rempah-rempah sangat banyak, mulai dari digunakan sebagai bumbu dapur, hingga untuk pengobatan.

Karena perkembangan pengobatan modern telah begitu pesat, maka pemanfaatan rempah untuk pengobatan mulai banyak ditinggalkan. Orang bahkan tak tahu lagi apa manfaat yang dikandung oleh rempah yang ada di dapur mereka untuk pengobatan.

Karenanya, berikut kami ingatkan kembali pada Anda apa saja manfaat yang dikandung oleh berbagai rempah yang ada:

  • Jahe. Jahe bila ditambahkan dengan madu dan air hangat mampu mengobati sakit tenggorokan dan sesak nafas. Juga mengobati masalah pencernaan dengan efektif.
  • Bawang putih. Kandungan allicin yang ada dalam bawang putih sangat baik bagi jantung, dan menyehatkannya. Ia juga mengontrol kolesterol serta punya sifat anti-bakteri yang bisa menyembuhkan radang internal. Konsumsi bawang putih mentah akan memaksimalkan khasiatnya.
  • Cengkeh. Kandungan eugenol pada cengkeh berkhasiat anti-inflamasi atau peradangan. Cengkeh juga penyembuh sakit gigi yang sangat berkhasiat.
  • Kunyit. Rempah warna kuning ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Minum air kunyit bisa menyembuhkan radang dan juga alergi.
  • Kayu manis. Kandungan eugenol pada kayu manis juga menyembuhkan peradangan dan bersifat anti-inflamasi. Tapi yang menakjubkan adalah khasiatnya untuk menyembuhkan resistensi insulin pada penderita diabetes.
  • Ketumbar. Ketumbar membantu proses mencerna makanan. Ia juga menyembuhkan penyakit pada penderita sindrom iritasi usus besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda