Scroll to Top

Wajah Bisa Memberikan Tanda Adanya Masalah Pada Organ Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Monday, 27 May 2013

face

Kesehatan beberapa organ tubuh kerap memberikan tanda pada wajah saat mengalami masalah. Tanda ini bisa menjadi salah satu jalan untuk lebih waspada atau mungkin memeriksakan diri ke dokter. Dikutip dari Times of India, inilah tanda yang mungkin terlihat saat organ tubuh bermasalah:

  1. Jerawat di dahi. Daerah dahi berhubungan dengan sistem pencernaan. Ruang yang ada di antara alis memiliki kaitan ke organ hati. Saat Anda makan banyak makanan berlemak atau berlebih minum alkohol, maka akan berpengaruh pada keburukan di bagian-bagian tubuh tersebut.
  2. Bintik-bintik di pipi. Penyebabnya kemungkinan adalah sprei kasur yang kotor atau adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Area pipi juga berhubungan dengan paru-paru. Mungkin jika Anda juga mengalami masalah pernapasan, akan muncul bintik-bintik di pipi.
  3. Pertumbuhan rambut yang berlebihan di beberapa bagian tubuh. Kemungkinan penyebabnya adalah gangguan endokrin. Untuk mendapatkan diagnosa yang lebih jelas tentang ini, Anda bisa menghubungi dokter ahli. Bisa pula Anda mengalami gejala Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) yang bisa dilihat dari rambut dan jerawat tumbuh berlebihan, periode menstruasi yang jarang-jarang, hingga masalah berat badan.
  4. Jerawat di dagu dan garis rahang. Ini biasa terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi, Penyebabnya kemungkinan gangguan hormon atau endokrin.
  5. Lingkaran hitam di area mata. Penyebabnya bisa karena kelelahan atau kurang tidur. Sebab lainnya adalah masalah di organ ginjal sebagai akibat dari dehidrasi atau mengumpulnya racun di organ tersebut. Anemia juga bisa memunculkan lingkaran hitam ini. Sebagai saran, cukupi asupan cairan tubuh dan hindari minum kopi, alkohol, dan garan secara berlebihan.
  6. Lidah terlihat merah dan sakit. Mungkin Anda kekurangan zat besi atau vitamin B12. Jika terlihat pula warna biru, kemungkinan aliran darah menuju lidah kekurangan oksigen. Sementara jika terlihat lesi putih, Anda terkena sariawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda