gamis

Model baju gamis semakin diminati semenjak isu tentang jilbab mulai mendapat perhatian dari para muslimah Indonesia. Keinginan wanita untuk memakai pakaian lebih tertutup membuat permintaan gamis meningkat. Modelnya pun disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini ada empat model gamis yang bisa dipilih:

  1. Gamis pesta. Diperkirakan untuk model baju gamis 2013 masih akan sama seperti tahun lalu. Yaitu, gamis dengan bahan yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi seperti sutera. Harganya memang tidak murah. Namun, gamis premium ini membuat penampilan semakin trendi dan elegan.
  2. Gamis abaya. Gamis ini menggunakan bahan yang umumnya dari katun. Gamis abaya biasa dipakai oleh wanita Timur Tengah dengan gaya sederhana, longgar, dan lebar. Atau, bisa pula model baju gamis ini disebut dengan gaun jubah. Beberapa wanita di Afrika Utara dan Semenanjung Arab juga mengenakannya. Untuk di Indonesia, gamis abaya sering dipadu dengan aksesoris payet, bordiran, datau pernak-pernik lainnya.
  3. Gamis  kaftan. Kaftan sedang tren saat ini. Gamis kaftan kerap dipakai wanita Iran. Ciri utamanya yaitu berujud mantel yang memiliki kancing depan dan berukuran lebar. Panjangnya dari atas sampai ke mata kaki dan memiliki lengan panjang. Gamis kaftan cocok dipakai bersama pashmina atau selendang. Kain kaftan sendiri terbuat dari kasmir, sutra, wol, atau katun.
  4. Gamis batik. Kalau yang ini memadukan konsep gamis dengan bahan yang bermotif batik. Gamis seperti ini tidak kalah cantiknya dibanding gamis pada umumnya. Anda tinggal memilih sendiri jenis kain batik yang diinginkan.